TNI AL jajaki kapal RHIB Trimaran buatan dalam negeri

RHIB buatan PT Samudera Indonesia BerjayaTNI AL

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam rangka menjajaki kerja sama pembuatan kapal Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) Trimaran buatan dalam negeri, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono mengunjungi galangan PT Samudera Indonesia Berjaya (SIB) di Tapos, Depok, Jawa Barat pada Jumat (18/3).

Kunjungan kerja ini merupakan tindak lanjut dari Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk memodernisasi KRI, Pesawat Udara (Pesud) dan material tempur menuju kekuatan yang siap dioperasikan (Operational Ready Force).

TNI AL memberitakan, Wakasal menerima paparan dari PT SIB tentang proyek kapal RHIB Trimaran yang rencananya akan dibuat dalam tiga varian, yakni dengan ukuran 12 m, 8,5 m, dan 6 m.

RHIB Trimaran memiliki kemampuan jelajah sejauh 303 mil dan muatan tangki sebanyak 2.200 liter. Kapal dilengkapi dengan tiga lambung dan sudah dilengkapi dengan proteksi mesin (engine protection).

RHIB merupakan kapal dengan lambung solid, namun ringan dan berperforma tinggi.

Perahu ini ditopang tabung udara di bagian lambung atas badan kapal yang dipompa dengan udara bertekanan tinggi. Desainnya stabil, ringan, cepat, dan fleksibel.

Selain menerima pemaparan, Wakasal melihat secara langsung ke galangan dan bengkel tempat pembuatan kapal milik PT Samudera Indonesia Berjaya.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *