Pilot Finnair melapor ada gangguan GPS saat terbang di perbatasan Rusia

FinnairIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sejumlah pilot maskapai Finlandia, Finnair, melaporkan ada gangguan GPS dalam penerbangan di dekat perbatasan dengan Rusia.

Gangguan GPS dirasakan saat terbang di dekat daerah kantong Rusia Kaliningrad dan perbatasan timur dengan Rusia dalam beberapa hari terakhir.

Interferensi GPS dilaporkan terjadi setelah Presiden Finlandia Sauli Niinisto melakukan pertemuan dengan Presiden AS Joe Biden di Washington pada hari Sabtu untuk membahas peningkatan hubungan pertahanan antara Finlandia dan NATO terkait invasi Rusia ke Ukraina.

“Pilot kami telah memperhatikan gangguan GPS di dekat daerah Kaliningrad dalam beberapa hari terakhir,” kata juru bicara Finnair seperti diberitakan Reuters.

Meski begitu, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin mengatakan dia tidak mendapatkan informasi tentang adanya gangguan GPS.

“Jika itu disebabkan oleh pengaruh luar, tentu akan ada laporan secara terbuka,” ujar Marin.

Untuk diketahui, beberapa penerbangan Asia Finnair dan sebagian besar penerbangan Eropa melewati Kaliningrad yang terletak di antara Lituania dan Polandia di pantai timur Laut Baltik.

Sekitar 10 pilot melaporkan adanya gangguan pada sistem GPS pesawat mereka, seperti dikatakan agen transportasi dan komunikasi Finlandia Traficom.

Berdasarkan laporan tersebut, Kementerian Luar Negeri Finlandia sedang menganalisis penyebab hal tersebut.

Meskipun Traficom mengatakan aman untuk terbang karena pesawat memiliki prosedur operasional untuk masalah GPS, maskapai Lituania Transaviabaltika telah membatalkan 18 penerbangan antara Helsinki dan Savonlinna di Finlandia timur karena gangguan GPS.

Sebab, pendaratan tidak mungkin dilakukan karena Bandara Savonlinna tidak memiliki peralatan navigasi alternatif.

“Kami melakukan tiga upaya untuk terbang ke Savonlinna. Sejauh ini, kami belum berhasil,” kata manajer Transaviabaltika Rene Must kepada Reuters.

Radiasi elektromagnetik dari matahari dan gangguan sinyal adalah dua alasan yang dapat menjelaskan gangguan jangka panjang terhadap GPS di pesawat.

Hal itu dikatakan Jukka Savolainen Direktur HybridCoE, sebuah organisasi pan-Eropa yang berupaya memerangi ancaman hibrida.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *