banner roe

Tidak akan kirim mesin roket ke AS, Roscosmos: Biarkan mereka terbang pakai sapu

Putin - Atlas V - BidenInternet Files

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan Luar Angkasa Negara Rusia Roscosmos akan menghentikan pengiriman mesin roket ke Amerika Serikat.

Hal ini dilakukan sebagai tanggapan atas sanksi anti-Rusia, kata Kepala Roscosmos Dmitry Rogozin dalam sebuah wawancara dengan saluran TV Rossiya-24 pada 3 Maret 2022.

“Hari ini kami membuat keputusan untuk menghentikan pengiriman mesin roket yang diproduksi oleh NPO Energomash ke Amerika Serikat. Biarkan saya mengingatkan Anda bahwa pengiriman ini cukup intens di suatu tempat sejak pertengahan 1990-an,” kata Rogozin.

Ditambahkan, dalam situasi seperti ini Rusia tidak dapat memberi AS mesin roket terbaik di dunia.

“Biarkan mereka terbang dengan sesuatu yang lain, biarkan mereka terbang dengan sapu, saya tidak tahu apa,” ujarnya.

Larangan ini berlaku untuk mesin RD-180 yang digunakan di kendaraan peluncuran Atlas V AS.

RD-180 berfungsi sebagai sistem propulsi utama untuk roket Antares tahap pertama.

Menurut Rogozin, Rusia telah mengirimkan total 122 mesin RD-180 ke AS sejak 1990-an, 98 di antaranya digunakan untuk menggerakkan kendaraan peluncuran Atlas.

“Sampai hari ini, ada rencana untuk mengirimkan 12 mesin RD-181 tambahan pada 2022-2024, dan negosiasi juga telah dilakukan dengan Amerika Serikat untuk pengiriman mesin RD-181M dengan karakteristik operasional yang lebih baik, tetapi kami percaya bahwa dalam hal ini. situasi itu tidak dapat lagi menyediakan Amerika Serikat dengan mesin terbaik kami,” lanjut Rogozin.

Selain itu, Roscosmos juga akan menghentikan servis mesin roket yang telah dikirimkan ke AS.

Dikatakan, AS masih memiliki 24 mesin yang sekarang akan dibiarkan tanpa bantuan teknis Rusia.

Rusia sebelumnya mengatakan pihaknya menangguhkan kerja sama dengan Eropa dalam peluncuran luar angkasa dari pelabuhan antariksa Kourou di Guyana Prancis sebagai tanggapan atas sanksi Barat terhadap Ukraina.

Sebelumnya Moskow juga mengatakan, pihaknya pihaknya menangguhkan semua peluncuran dari Baikonur Cosmodrome Rusia di Kazakhstan.

-Poetra-

One Reply to “Tidak akan kirim mesin roket ke AS, Roscosmos: Biarkan mereka terbang pakai sapu”

Leave a Reply

Your email address will not be published.