Rusia siap hentikan pasokan titanium, Boeing dan Airbus dibikin kelabakan

Boeing dan Airbus

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia telah mendapatkan beragam sanksi dari berbagai negara sekutu seperti Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris akibat invasi yang dilakukannya ke Ukraina.

Moskow pun tak ambil diam, salah satunya mengancam balik akan menghentikan pasokan titanium ke perusahan industri pesawat Boeing dan Airbus, seperti diwartakan oleh Flightglobal.

Ancaman ini menimbulkan ketidakpastian bagi perusahaan kedirgantaraan Barat tersebut. 

Dikarenakan, mereka sangat bergantung pada titanium Rusia yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan komponen pesawat.

Di pasar titanium, VSMPO-Avisma dari Rusia adalah pemain terbesar di dunia.

Seperti halnya perusahaan kedirgantaraan lainnya, Airbus dan Boeing, cukup bergantung pada impor titanium dari perusahaan Rusia ini.

VSMPO-Avisma disebut-sebut memasok sekitar 35-40 persen titanium yang digunakan oleh Boeing, dan setidaknya setengah dari kebutuhan Airbus dan Embraer dari Brasil.

Pasca invasi Rusia ke Ukraina, Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan rangkaian sanksi yang dapat menurunkan kemampuan industri kedirgantaraan Rusia.

Tetapi Biden mungkin lupa, perang ekonomi yang dikobarkan juga dapat melukai sektor kedirgantaraan Barat sendiri, terutama jika pasokan titanium Rusia terhenti.

“Jika pasokan dari Rusia itu hilang itu akan menjadi masalah besar,” kata Kevin Michaels, Direktur Pelaksana konsultan kedirgantaraan AeroDynamic Advisory.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *