Polandia dan Bulgaria bantah bantuan jet tempur ke Ukraina

MiG-29 BulgariaBAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Seperti diberitakan sebelumnya, Ukraina mengklaim telah mendapatkan bantuan jet tempur MiG-29 dan Su-25 dari negara tetangganya.

Seorang pejabat pemerintah Ukraina kepada Politico, Selasa (1/3/2022), pilot Ukraina sudah berada di Polandia untuk memulai proses mengambil alih 28 jet tempur MiG-29.

Namun berita ini telah dibantah, Polandia tidak akan mengirim jet tempur tersebut ke Ukraina, kata negara itu Selasa, seperti dilaporkan Politico setelah mengonfirmasi berita ini.

Dilain pihak, sebelumnya Perdana Menteri Bulgaria Kiril Petkov pada Senin (28/2/2022) menyatakan menolak permintaan Ukraina untuk mengirimkan jet tempur.

Diketahui, Angkatan Udara Ukraina memang mengandalkan jet tempur buatan era Uni Soviet, sekitar 60-70 jet tempur garis depan MiG-29 dan Su-27 serta belasan Su-24 dan Su-25.

Beberapa diantaranya berhasil dihancurkan saat serangan pertama invasi Rusia ke Ukraina. Enam MiG-29 hancur di landasan pacu akibat hantaman rudal jelajah Kalibr AL Rusia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.