Kazakhstan dan China bersepakat kembangkan proyek luar angkasa bersama

Kazakhstan dan China
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan ruang angkasa swasta dari Kazakhstan Eurasia Space Ventures (ESV) milik pengusaha Shukhrat Ibragimov menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Deep Blue Aerospace, pengembang kendaraan peluncuran komersial dai China.

Tujuannya adalah untuk bertukar informasi, pengalaman dan ide, serta bersama-sama mengembangkan proyek luar angkasa.

Perjanjian ini memperluas kerja sama ESV dengan perusahaan antariksa dari berbagai negara untuk pengembangan industri luar angkasa swasta Republik Kazakhstan.

Ibragimov mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir Kazakhstan telah membuat kemajuan dalam desain dan pengembangan perangkat lunak untuk produksi satelit dan pesawat ruang angkasa serta pembuatan berbagai aplikasi satelit.

Berhubung China sangat aktif mempromosikan program luar angkasa nasionalnya, ujar dia, ESV melihat banyak opsi untuk melakukan kerja sama sektor luar angkasa swasta dan perusahaan China.

Hal ini akan berguna untuk pengembangan industri luar angkasa Kazakhstan.

“Mitra kami menganggap Kazakhstan sebagai tempat yang tepat untuk proyek luar angkasa, berkat peluncuran penerbangan berawak pertama dari Baykonur Cosmodrome,” ujar Ibragimov sperti Airspace Review kutip dari siaran pers perusahaan.

ESV mencatat bahwa mereka sangat menghargai potensi kerja sama di bidang teknologi roket dan satelit, termasuk akses ke R&D di bidang pengembangan microchip generasi baru, pengembangan perangkat lunak, dan produksi pesawat ruang angkasa, layanan antariksa, dan peralatan darat.

“Dengan dukungan Perusahaan Nasional Gharysh Sapary Kazakhstan dan Astana Hub International Techno Park, kami menciptakan inkubator – akselerator industri kedirgantaraan di Kazakhstan. Dan kami berusaha untuk menarik lebih banyak perusahaan internasional untuk pengembangannya,” tambahnya.

Sebelumnya, untuk memperluas jumlah mitra dan mengembangkan proyek bersama di bidang luar angkasa dan teknologi blockchain, ESV menandatangani nota kesepahaman dengan SpaceChain Singapore Company yang mengembangkan infrastruktur satelit terdesentralisasi pertama di dunia di luar angkasa.

Di industri luar angkasa Kazakhstan, ESV telah meminta dukungan dari semua pemain utama, termasuk Pusat Nasional untuk Penelitian dan Teknologi Luar Angkasa JSC, Kazakhstan Gharysh Sapary NC (KGhS), dan LLP Usaha Patungan Ghalam Kazakh-Prancis.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *