Kapal selam AS terdeteksi di perairan Rusia, lari terbirit-birit setelah diancam

Virginia-class submarineUS Navy
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebuah kapal selam Angkatan Laut AS (US Navy) kelas Virginia terdeteksi oleh Moskow di perairan Rusia ketika Armada Pasifik Beruang Merah sedang melaksanakan latihan di tempat itu pada 12 Februari 2022.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, kapal selam AS kelas Virginia itu terdeteksi pada saat Armada Pasifik Rusia sedang berlatih di Pulau Urup di Kuril Range.

Airbus_contoh2

Disebutkan, awalnya kapal selam AS mengabaikan peringatan untuk meninggalkan perairan teritorial Rusia.

Kapal selam itu kemudian lari terbirit-birit setelah diberikan ancaman “dengan cara yang tepat” oleh kapal perusak kelas Udaloy Armada Pasifik Rusia, Marshal Shaposhnikov.

“Pada 12 Februari 2022 pukul 10.40 (Waktu Moskow), sebuah kapal selam kelas Virginia milik Angkatan Laut AS terdeteksi. Di bawah dokumen panduan tentang perlindungan perbatasan negara Federasi Rusia di lingkungan bawah laut, awak Fregat Armada Pasifik Marsekal Shaposhnikov menggunakan cara yang tepat,” kata Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip TASS.

Kapal selam AS itu, lanjut Kemhan Rusia, memulai simulator self-propelled untuk membagi gambar target pada radar dan alat kontrol akustik menjadi dua bagian dan mundur dari perairan teritorial Rusia dengan kecepatan maksimum.

Kapal selam kelas Virginia atau kelas SSN-774, merupakan kapal selam serang cepat bertenaga nuklir dengan persenjataan rudal jelajah.

Kapal ini dirancang oleh General Dynamics Electric Boat (GDEB) dan Huntington Ingalls Industries.

Kelas Virginia merupakan kapal selam terbaru US Navy yang menggabungkan teknologi siluman, pengumpulan intelijen, dan sistem senjata terbaru.

Kapal selam ini dapat melakukan misi untuk spektrum yang luas di laut terbuka maupun pesisir.

Dicanangkan, kapal selam yang mulai dioperasikan oleh Angkatan Laut AS tahun 2004 ini akan digunakan selama 40 tahun hingga tahun 2043 atau diperpanjang hingga tahun 2060.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *