Kerja sama Pindad dan Nexter produksi munisi kaliber sedang dan besar

Pindad dan NexterNexter

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose beserta Nexter Sales Director Asia Pacific Amaury de Poncins mewakili CEO Nexter Munitions & CEO Mecar, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di bidang pertahanan, khususnya terkait Munisi Kaliber Sedang (MKS) dan Munisi Kaliber Besar (MKB) pada Kamis, 10 Februari 2022, di kantor Kementerian Pertahanan RI.

Penandatangan MoU antara PT Pindad, Nexter Munitions, dan Mecar (Nexter Group) disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Perancis H.E Florence Parly.

Adapun lingkup kerja sama produk MKS dan MKB yang akan dilaksanakan meliputi munisi kaliber 20 mm Vector GI-2, munisi kaliber 30 mm untuk kanon jet tempur Rafale, dan munisi kaliber 30 mm 6 & 7 barrel.

Lalu munisi kaliber 120 mm Main Battle Tank (MBT) untuk digunakan oleh tank Leopard dan munisi kaliber 105 mm untuk Medium Tank (MT) Harimau.

Prabowo Subianto dalam konferensi pers mengatakan, hubungan bilateral di bidang pertahanan yang sudah terjadi antara Indonesia dan Perancis sejak lama sudah berada dalam status tertinggi, sehingga butuh ratifikasi dari parlemen Indonesia untuk bisa di implementasikan dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Parly mengatakan Perancis berkomitmen mendukung program strategis Indonesia di bidang industri pertahanan.

“Saya menyambut baik penandatanganan tadi. Kami senang Indonesia memilih Perancis untuk modernisasi alutsista dan saya yakin perusahaan Indonesia dapat menjadi mitra,” ujarnya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *