Prabowo inspeksi upgrade C-130 Hercules TNI AU di GMF

C-130H

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menginspeksi langsung proses upgrade pesawat C-130 Hercules milik TNI Angkatan Udara di Garuda Maintenance Facility (GMF), Tangerang, Banten pada hari Jumat.

Kunjungan Prabowo ke Hanggar 4 GMF tersebut disambut langsung oleh Direktur Utama GMF Andi Fahrurrozi dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Seperti diketahui, Kementerian Pertahanan telah mempercayakan upgrade pesawat C-130 Hercules kepada GMF.

Proses yang dikerjakan pada program ini adalah Modernisasi Kokpit dan Penggantian Center Wing Box (CWB) pesawat C-130.

Kementerian Pertahanan menerangkan, proyek ini telah dimulai sejak Desember 2021 lalu dan menjadi pengalaman pertama bagi GMF yang biasa menangani perawatan pesawat-pesawat sipil.

Saat ini tahap removal komponen-komponen di pesawat C-130 nomor registrasi A-1315 milik TNI AU tersebut telah dilakukan, seperti bagian propeler, mesin, dan sayap bagian luar.

Dijadwalkan, GMF akan menyelesaikan pekerjaannya pada Agustus mendatang.

Menhan  Prabowo mengungkapkan apresiasinya kepada GMF atas upaya menunjang langkah pemerintah melakukan peremajaan armada pesawat yang dimiliki TNI.

Dengan memiliki kapabilitas, ujarnya, pekerjaan perawatan pesawat dapat memaksimalkan sumber daya yang ada di dalam negeri.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *