Intip UAV Shahpar ll, drone intai tempur buatan Pakistan

Shahpar IIIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Selain India, di kawasan Asia Selatan, Pakistan juga termasuk negara yang cukup mandiri dalam pengembangan alutsista untuk kebutuhan dalam negerinya.

Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pertahanan di Pakistan adalah Global Industrial Defense Solutions (GIDS) yang terlibat dalam pemasaran produk militer, industri, dan teknologi.

Salah satu produk garapan GIDS adalah UAV (Unmanned Aerial Vehicle) Shahpar II yang saat ini tengah memasuki fase produksi.

Dilaporkan, hampir seluruh komponen dibuat di dalam negeri kecuali mesin dan roda pesawat yang masih diimpor dari luar.

Sosok Shahpar ll sendiri mulai diperkenalkan kepada publik saat dipamerkan dalam parade militer peringatan Hari Republik Pakistan pada 23 Maret 2021.

Secara karakteristik, Shahpar ll memiliki panjang 4,2 m, rentang sayap 6,6 m. Drone ini memiliki kapasitas muatan eksternal 120 kg dan muatan internal 50 kg.

Untuk performanya, Shahpar ll memiliki kecepatan maksimum 222 km/jam, ketinggian terbang hingga 6.100 m, dan daya tahan di udara sekitar 14 jam.

Shahpar II
Istimewa

Shahpar lI dibekali turet multisensor Zumr-II (EO/IR) yang diproduksi di fasilitas AERO dekat Islamabad. UAV ini juga dapat dilengkapi dengan muatan SAR, COMINT/ELINT.

Sebagai drone intai tempur, Shahpar ll dapat membawa senjata berpemandu laser Barq buatan lokal.

Rudal udara permukaan ini bisa menyasar target bergerak maupun statis maksimum sejauh 8 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *