Yonzipur 9 pasang jembatan ponton amfibi M3 untuk gerak maju pasukan

Jembatan Ponton Amfibi M3 KostradPenkostrad

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 9 Satgasrat Brigif Raider-13/Galuh Kostrad memasang jembatan ponton amfibi, M3 Amphibious Pontoon Bridge, untuk mendukung gerak maju pasukan, baik personel maupun peralatan tempur.

Hal itu dilaksanakan dalam Latihan Antar Kecabangan (Latancab) Kartika Yudha 2021 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD, Martapura, Ogan Komiring Ulu (OKU), Sumatera Selatan pada Jumat (5/11/2021).

Jembatan ponton digunakan untuk mengatasi rintangan yang menyulitkan gerakan berupa sungai atau parit yang lebar.

Jembatan ponton amfibi merupakan jembatan taktis militer yang menggabungkan media apung. Jembatan ini dideretkan membentuk jalur yang bisa dilewati manusia maupun kendaraan dengan bobot maksimum tertentu.

Marder-1A3-melintas-jembatan-ponton-M3-Kostrad
Penkostrad

Media tersebut bisa berupa perahu, tongkang atau drum/silider yang kedap air di mana pada kedua ujung sistem ponton ditambatkan ke penambat sehingga keseluruhan badan jembatan tidak bergeser meski terkena arus sungai.

Komandan Peleton Yonzipur-9 Kostrad Letnan Satu Czi M. Alam Palda seperti dikutip dari rilis Penerangan Kostrad mengatakan, fungsi jembatan pnton amfibi M3 dalam operasi militer adalah memudahkan gerak kendaraan tempur.

Jembatan ini bisa digunakan sebagai jalan bagi kendaraan tempur seperti tank Leopard, kendaraan rudal Atlas, panser Anoa maupun kendaraan pengangkut logistik untuk melewati rintangan alam berupa sungai atau ceruk yang dalam. 

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *