Danjen Akademi TNI buka Pendidikan Integratif Tahap II Tahun 2021

Danjen Akademi TNIPen Akademi TNI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) Danjen Akademi TNI Marsdya TNI Andyawan Martono Putra membuka Pendidikan Integratif Taruna Tingkat I Akademi TNI Tahap 2 di Lapangan Sapta Marga Akmil Magelang, Rabu (3/11/2021).

Pendidikan Integratif Taruna Akademi TNI merupakan pendidikan tahap awal dari bagian pendidikan Pertama Perwira TNI.

Pada penyelenggaraan pendidikan integratif TP. 2021/2022 Akademi TNI mendidik sebanyak 779 Taruna yang terdiri dari 449 Taruna Matra Darat, 190 Taruna Matra Laut (180 pria dan 10 wanita) dan 140 Taruna Matra Udara (130 pria dan 10 wanita).

Kurikulum Pendidikan integratif dilaksanakan selama 6 bulan yang dibagi dalam dua tahap di Menchandra Akademi TNI, Magelang.

Seperti dikutip dari rilis Penerangan Akademi TNI, tujuan dari pendidikan integratif adalah untuk membentuk sikap dan perilaku Taruna Akademi TNI sebagai prajurit Sapta Marga yang memegang teguh Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan serta memiliki kondisi jasmani yang samapta.

Pendidikan Integratif Taruna Akademi TNI Tahap I telah dibuka pada tanggal 3 Agustus 2021.

Pendidikan Integratif Tahap I merupakan pendidikan gabungan antara Taruna Akademi TNI dan Taruna Akpol, dilaksanakan selama tiga bulan di Menchandra Magelang.

Pendidikan ini dinamakan pendidikan dasar integratif kemitraan Caprabhatar Akademi TNI dan Akpol.

Pendidikan tersebut telah selesai dan ditutup oleh Panglima TNI dan Kapolri pada tanggal 28 Oktober 2021 melalui upacara Wisuda Caprabhatar Akademi TNI dan Akpol.

Selesai pendidikan Tahap I Taruna Akademi TNI masih melanjutkan pendidikan Tahap 2 di Menchandra.

Pada pendidikan Tahap 2 Taruna Akademi TNI akan dibekali pengetahuan dan keterampilan.

Pendidikan integratif Tahap 2 merupakan penentu kelulusan Taruna Akademi TNI sekaligus pemberian kenaikan pangkat Kopral Taruna.

Berbekal dari pendidikan dasar integratif inilah maka Taruna Akademi TNI disiapkan untuk mengikuti pendidikan lanjutan di Akmil untuk Taruna matra Darat, di AAL untuk Taruna matra Laut, dan di AAU untuk Taruna matra Udara.

Masing-masing pendidikan di matra angkatan dilaksanakan selama tiga setengah tahun hingga mereka dilantik menjadi seorang Perwira TNI.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *