Ada F-5E TS-0501 di Monumen Tri Matra di Tanjungpinang

Monumen F-5Dispenal

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengunjungi Monumen Tri Matra di Dompak, Tanjungpinang, ibu kota Kepulauan Riau, Senin (25/10).

Hal ini ini terlihat dari unggahan akun twitter Bejo Suprapto.

Dalam foto tersebut KSAL dan rombongan berfoto di depan monumen pesawat tempur F-5E Tiger II dengan nomor ekor TS-0501.

Monumen F-5 yang berada di bundaran depan Stadion Utama Dompak Tanjungpinang itu tampak rapi dan terawat. Cat pesawat tampak mulus dan kinclong.

Dinamakan Monumen Tri Matra karena di monumen ini juga terdapat monumen dari matra lain yakni Monumen tank AMX TNI Angkatan Darat dan monumen replika KRI Matjan Tutul-602 TNI Angkatan Laut.

Media lokal memberitakan, keberadaan Monumen Tri Matra yang berada di dekat Markas Kogabwilhan I ini menjadi ikon baru Kota Tanjungpinang.

Kalau sore banyak warga masyarakat bermain di area tersebut sambil berswafoto.

Monumen Tri Matra Terpadu baru dibangun oleh Kogabwilhan I pada tahun ini menjelang peringatan HUT RI ke-76.

Keberadaan monumen ini telah diserahkan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kepada Pemprov Kepulauan Riau pada 12 Oktober lalu.

Dilihat dari nomor ekornya, menandakan bahwa ini adalah armada F-5E nomor urut satu di Skadron Udara 14 yang pernah mengoperasikannya.

Sejumlah monumen F-5 terdapat di beberapa tempat. Di Taman Lalu Lintas di Bandung juga terdapat Monumen F-5E dengan nomor ekor TS-0502.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *