Ucapan Komando Selatan AS ditanggapi beragam, disengaja?

Happy Birthday USAF@Southcom

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Komando Selatan Amerika Serikat (USSOUTHCOM) memberi ucapan Selamat Ulang Tahun kepada Angkatan Udara AS (USAF) pada hari jadi yang ke-74 tahun tanggal 18 September 2021.

Ucapan ulang tahun dengan desain yang menarik, merupakan hal yang lazim dilakukan saat ini melalui akun media sosial masing-masing.

Unggahan semacam ini biasanya akan mengundang dukungan tanda suka maupun komentar dari para pengikut maupun pemilik akun yang lain.

Satu hal yang kemudian mengundang perhatian, karena ucapan dari Komando Selatan kepada USAF tersebut menampilkan siluet tiga pesawat Su-27 Flanker buatan Rusia (walaupun pada bagian ekor terlihat seperti memiliki tiga mesin).

Pada Hari Angkatan Udara AS, pilot Amerika menerima ucapan selamat dengan gambar Su-27 tentulah sangat tidak lazim.

Masih banyak pesawat-pesawat tempur yang dimiliki oleh USAF termasuk F-15 atau F-16 yang kembali booming saat ini.

Atau, yang lainnya pun masih banyak seperti F-35 dan F-22 hingga pembom siluman terbaru yang akan segera hadir yaitu B-21 Raider.

Kalau mau sedikit ‘klasik’, bisa juga menampilkan F-117 yang ternyata masih digunakan saat ini walau USAF pada 2008 menyatakan armada ini telah dipensiunkan.  

Ditanggapi “nyinyir”

Alhasil, para pengguna internet pun bereaksi dengan beragam termasuk ada yang “nyinyir” terhadap ucapan dari Komando Selatan AS itu.

“Anda menginginkan Su-27?” komentar dari pemilik akun Scar_Man_Mk16.

“Apakah Anda akan menggunakan pesawat ini untuk ucapan tahun depan?” tulis Yzb Hakan sambil menampilkan foto jet siluman Turki, TF-X.

Ada juga yang mempertanyakan apakah unggahan itu tidak dicek terlebih dahulu oleh staf yang berasal dari USAF.

Untuk diketahui, USSOUTHCOM yang bermarkas di Doral, Florida di Greater Miami, adalah satu dari sebelas komando tempur terpadu di bawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Komando ini bertanggung jawab menyediakan perencanaan kontinjensi, operasi, dan kerja sama keamanan untuk Amerika Tengah dan Selatan sebagian wilayah Karibia.

Lalu ada juga yang berkomentar mengatakan bahwa AS tampak mengagumi keindahan desain Su-27/30.

Sepertinya, kalau mau dikatakan, mungkin memang ada kesalahan dalam pemilihan gambar.

Namun demikian, apabila terjadi kesalahan dalam penggunaan gambar, umumnya ucapan tesebut pastinya akan dihapus untuk ditarik kembali dan diganti dengan gambar yang sesuai.

Lalu , apakah memang ada unsur kesengajaan? Entah apa motifnya. Pemilik akun pun tampak merasa tidak perlu menanggapi beragam pertanyaan atau komentar.

Satu yang membuat “aman” karena dalam ucapan itu tidak ada tanda-tanda USSOUTHCOM termasuk logonya. Jadi, tampak unggahan itu memang tak bertuan walau diunggah oleh USSOUTHCOM.

Bukan kali ini terjadi

“Kesalahan” penggunaan gambar oleh AS, sebenarnya bukan pertama kali ini terjadi.

Rossyskaya Gazetta menulis, pada bulan April lalu Senator Mississippi Cindy Hyde-Smith mengucapkan selamat kepada Komando Cadangan Angkatan Udara Amerika Serikat pada peringatan 73 tahun komando tersebut dengan menggunakan foto Su-34 Rusia.

Kemudian pada September 2020, markas kampanye Presiden AS Donald Trump menggunakan foto MiG-29 Rusia dan senapan serbu Kalashnikov.

Pada Oktober 2019, Anggota Kongres Brian Mast memberi ucapan selamat kepada Angkatan Laut AS dengan gambar kapal penjelajah rudal Angkatan Laut Rusia Peter the Great.

Jadi, Anda mau percaya yang mana. Tidak disengaja atau disengaja?

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *