Goyang Boeing KC-46A Pegasus, Lockheed Martin perkenalkan tanker LMXT

LMXTLockheed Martin

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Lockheed Martin memperkenalkan LMXT sebagai pesawat tanker strategis Amerika Serikat berikutnya. Pesawat akan dibuat oleh Amerika untuk Amerika.

Tidak sendirian, Lockheed Martin menggandengan Airbus untuk menggunakan A330 MRTT sebagai basis LMXT.

Rancangan ini ditawarkan terhadap Program KC-Y Angkatan Udara AS.

Bila program ini berhasil, maka Lockheed Martin akan memulai babak terbaru dalam sejarah lebih 60 tahun dalam memproduksi dan mengirimkan pesawat tanker dan kargo untuk Angkatan Udara AS, Korps Marinir AS, Angkatan Laut AS, dan beberapa operator di dunia.

Lockheed Martin dalam keterangannya pada 17 September 2021 mengatakan, LMXT akan melengkapi kemampuan pesawat tanker USAF dengan menyediakan pengisian bahan bakar di udara paling canggih untuk memenuhi persyaratan misi jangka pendek dan jangka panjang Amerika.

LMXT juga akan memperkuat dan memperluas basis industri kedirgantaraan AS, bekerja sama dengan pemasok Amerika yang sudah ada dan yang baru.

Perusahaan menambahkan, sejumlah keuntungan akan didapat dari pesawat tanker baru ini. Antara lain adalah kapasitas offload bahan bakar

Kemudian penggunaan fly-by-wire boom yang telah disertifikasi dan digunakan oleh sekutu untuk mengisi bahan bakar pesawat-pesawat USAF dalam operasi di seluruh dunia

Sistem pengisian bahan bakar boom/air-to-air refueling (A3R) otomatis penuh merupakan yang pertama di dunia

Juga dilengkapi dengan kamera dan sistem penglihatan canggih yang terbukti secara operasional di medan tempur.

Pesawat juga mengadopsi sistem arsitektur JADC2 (joint all-domain command and control).

Sebagai kontraktor utama, Lockheed Martin bekerja secara langsung untuk menerapkan persyaratan khusus Angkatan Udara AS dalam LMXT.

Sebagai pesawat tanker strategis pilihan untuk 13 negara, MRTT telah mencatat lebih dari 250.000 jam terbang pengisian bahan bakar AS dan pesawat tempur, transportasi dan patroli maritim sekutu di lingkungan teater tempur.

Kehadiran LMXT tentu saja akan menggoyang keberadaan KC-46A Pegasus buatan Boeing yang selama ini menghadapi berbagai kendala teknis dan perlu sejumlah perbaikan.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *