Negara lain ramai ingin F-15EX, India malah dapatkan kontrak produksi komponennya

F-15EXBoeing

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tidak dapat disangkal, pesona F-15EX Eagle II yang mampu membawa banyak munisi bak truk senjata di udara, telah menarik minat banyak negara untuk mengakuisisinya.

Padahal, sejatinya pesawat dibuat khusus untuk USAF guna menggantikan peran F-15C/D Eagle.

Yang menarik, imbas dari akan booming-nya minat terhadap F-15EX, India malah mendapatkan kontrak untuk membuat komponen pesawat ini.

Tidak hanya memproduksi, proses perakitan sejumlah aerostruktur F-15EX juga akan dilakukan di dalam negeri India.

Adalah Dynamatic Technologies dari India yang mendapatkan kontrak dari Boeing itu.

Diberitakan PTI pada 17 September 2021, ini adalah pertama kalinya aerostruktur untuk F-15EX Eagle II terbaru dan tercanggih akan dibuat di India.

Kontrak ini pun mendorong program Aatmanirbhar Bharat (Kemandirian India) dan makin memperkuat kolaborasi AS-India dalam industrialisasi kedirgantaraan dan pertahanan.

Dynamatic Technologies akan memasok kebutuhan komponen dan perakitan aerostruktur F-15EX mulai TA 2022.

Perusahaan ini akan memproduksi aerostruktur F-15EX dari fasilitas manufaktur mereka di Bengaluru, Karnataka.

Udayant Malhoutra, CEO & Managing Director Dynamatic Technologies Limited mengatakan, Dynamatic telah menjadi mitra erat Boeing sebagai mitra pemasok strategis tingkat-1 selama lebih dari satu dekade.

Kontrak untuk manufaktur aerostruktur F-15EX kepada Dynamatic, ujarnya, adalah bukti dari kemitraan terpercaya dengan Boeing.

Sementara itu, Presiden Boeing India Salil Gupte mengatakan, pihaknya melihat potensi luar biasa bagi India untuk berkontribusi pada industri kedirgantaraan global sebagai mitra industri dan teknologi Boeing.

Kontrak perakitan aerostruktur F-15EX dengan Dynamatic, ujarnya, adalah cerminan dan fokus dari Boeing untuk mendukung program Kemandirian India.

Yang utama lagi, Boeing telah memberikan kepercayaan atas kemampuan kelas dunia dari mitra industri di India.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *