Etape 2, KRI Bima Suci selesaikan pelayaran 6 hari menuju Tual

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Setelah melaksanakan rangkaian kegiatan di Kota Labuhan Bajo selama 3 hari pada pelayaran Etape 1, kapal latih layar tiang tinggi TNI AL KRI Bima Suci (BSC) beserta Satgas Kartika Jala Krida (KJK) 2021 melanjutkan pelayaran etape ke-2 menuju Kota Tual Provinsi Maluku 1 Agustus 2021.

Perjalanan menuju Tual ini menempuh jarak 1.052.51 mil laut atau kurang lebih selama 6 hari perjalanan.

Pelayaran diawali dengan laporan Perwira Pelaksana (Palaksa) Mayor Laut (P) Sugeng Hariyanto kepada Komandan KRI BSC Letkol Laut (P) Waluyo mengenai kesiapan kapal beserta seluruh Satgas KJK 2021.

Setelah itu dilaksanakan Peran Muka Belakang, Peran Persiapan Kapal Berlayar dan Bertempur, serta Peran Parade Roll yang di tampilkan oleh para Taruna/Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL).

Aksi ini mampu memukau para tamu undangan Forkopimda Manggarai Barat saat melihat kecekatan para Taruna/Taruni menaiki tiang-tiang KRI Bima Suci yang menjulang tinggi.

Seperti diberitakan Dispenal, setelah melaksanakan apel kelengkapan di Dermaga Labuan Bajo dilaksanakan yel-yel dan menyanyikan Mars KRI Bima Suci untuk membangkitkan semangat dan kekompakan antara prajurit KRI Bima Suci dan Taruna/Taruni AAL.

Keberangkatan Satgas Operasi KRI Bima Suci menuju Tual, dilepas oleh Komandan Lanal Labuan Bajo, Mayor Laut (KH) Budi Purwoto beserta para pejabat Forkopimda Kabupaten Manggarai Barat.

Pelayaran KRI Bima Suci selama enam hari dilalui dengan lancar dan kapal buatan Spanyol itu tiba di Tual pada Sabtu, 7 Agustus 2021.

Di Dermaga RE Martadinata Lanal Tual, kedatangan KRI Bima Suci di sambut cukup meriah dengan sajian penyambutan tarian-tarian.

Pengalungan selendang ulos khas daerah Kota Tual dilakukan oleh Komandan Lanal Tual Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa kepada Komandan Satgas Operasi Kartika Jala Krida (KJK) 2021 Letkol Laut (P) Waluyo, Palaklat, dan perwakilan Taruna.

Sementara itu Taruna/Taruni dari atas KRI Bima Suci tampak menyuguhkan aksi parade Roll kepada para tamu undangan yang menyambut.

Di Tual, KRI Bima Suci bersandar selama tiga hari sebelum melanjutkan pelayarannya kembali menuju Jayapura, Papua.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *