Gazprom akan gunakan heli Mi-171A3 untuk penerbangan lepas pantai

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan Rusia yang bergerak di bidang gas alam Gazprom menandatangani kesepakatan dengan Russian Helicopters untuk menggunakan helikopter terbaru Mi-171A3 dalam penerbangan lepas pantai.

Kesepakatan ditandatangani oleh Wakil Ketua Komite Manajemen Gazprom Vitaly Markelov dengan Direktur Jenderal Russian Helicopters Andrey Boginsky di pameran kedirgantaraan MAKS-2021 di Zhukovsky, luar kota Moskow.

Mi-171A3 merupakan helikopter produksi dalam negeri pertama yang ditujukan terutama untuk operasi lepas pantai sebagai alat transportasi penumpang dan kargo di atas laut.

Helikopter ini, kata Russian Helicopters, dirancang sesuai dengan standar International Association of Oil and Gas Producers (IOGP).

Mi-171A3 memiliki berat lepas landas maksimum 13 ton.

Heli ini telah memenuhi persyaratan keselamatan yang meningkat untuk penerbangan di atas permukaan air.

Secara khusus, lanjut perusahaan, heli akan dilengkapi dengan sistem bahan bakar tahan darurat, sistem pendaratan air darurat yang diaktifkan secara otomatis, dan rakit penyelamat eksternal.

Mi-171A3 akan dilengkapi dengan sistem navigasi terintegrasi untuk kondisi cuaca paling sulit  dan sistem glass cockpit dengan peralatan navigasi digital.

Heli tersedia dalam dua konfigurasi. Yang pertama adalah untuk transportasi hingga 24 penumpang dan untuk angkut kargo hingga 5 ton.

Yang kedua adalah untuk operasi pencarian dan penyelamatan yang akan dilengkapi dengan peralatan khusus, termasuk peralatan medis.

Operator akan dapat mengubah helikopter kargo dan penumpang menjadi helikopter SAR secara mandiri.

Berdasarkan persyaratan perjanjian, Russian Helicopters akan menyediakan prototipe uji Mi-171A3, mengatur produksi massal, dan sertifikasi.

Russian Helicopters juga akan mendirikan pusat perawatan, simulator, dan pusat pelatihan yang memberikan bimbingan kepada personel teknis dan penerbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *