Rafael lengkapi rudal Sea Breaker dengan AI dan pengenalan target otomatis

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rafael Advanced Defense Systems dari Israel telah melengkapi rudal jarak jauh berbasis darat dan laut Sea Breaker dengan kecerdasan buatan (AI) dan pengenalan target otomatis.

Rudal Sea Breaker versi terbaru ini akan menjadi sistem senjata generasi kelima.

Sea Breaker mampu menembak sasaran secara presisi pin-point dari jarak stand-off sejauh 300 km.

Rafael mengatakan, rudal ini dilengkapi dengan fitur pencari Imaging Infra-Red (IIR) yang canggih sehingga ideal digunakan untuk menghancurkan target maritim maupun darat dan sasaran diam maupun bergerak di medan Anti Access/Area Denial (A2/AD).

Rudal Sea Breaker dapat ditempatkan di kapal angkatan laut seperti fregat atau juga di kendaraan peluncur berbasis darat.

Rafael menambahkan, rudal ini kompatibel dengan peluncur Spyder (Surface-to-air PYthon and DERby) sehingga memungkinkan format plug-and-play dengan sistem pertahanan udara pada baterai yang sama.

Israel mengembangkan sistem persenjataan agar dapat dioperasikan dengan sistem yang telah dibangun sebelumnya.

Arsitektur terbuka seperti model plug-and-play semacam ini telah diterapkan sebelumnya pada sistem pertahanan udara SkyCeptor buatan Rafael yang dapat dioperasikan pada baterai sistem pertahanan udara Patriot buatan AS.

Sea Breaker dilengkapi hulu ledak penetrasi, ledakan, dan fragmentasi seberat 250 pon (113 kg) atau setara dengan bom Mark 81. Satu pukulan rudal ini efektif untuk menetralisir kapal seukuran fregat.

Yang membuatnya canggih, karena tautan data rudal ini dapat mendukung pengambilan keputusan dan pembaruan taktis secara real-time.

Sea BreakerRafael

Sistem rudal juga dilengkapi dengan kemampuan pembatalan penerbangan dan penilaian kerusakan pertempuran.

Lebih dari itu, rudal dengan bobot kurang dari 400 kg ini bisa menjadi rudal otonom dengan kemampuan terbang dan pengenalan targetnya tersebut.

Yang menjadikannya unik, rudal dapat membedakan kapal yang tampak serupa. Tetapi, Sea Breaker juga dapat diperintahkan bergeser ke target yang berbeda selagi pada tahap homing.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *