Sikorsky selayang pandang: Spesialis helikopter asal Amerika Serikat

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sikorsky Aircraft adalah perusahaan pengembang spesialis helikopter asal Amerika Serikat selain Bell Helicopters.

Didirikan oleh Igor Sikorsky, imigran asal Rusia (Uni Soviet) pada tahun 1923. Dicatat sejarah sebagai perusahaan pertama yang memproduksi helikopter.

Perusahaan Sikorsky sebelumnya dimiliki oleh United Technologies Corporation (UTC), namun pada November 2015 Sikorsky telah dijual ke Lockheed Martin.

Perusahaan yang bermarkas besar di Stratford, Connecticut, Amerika Serikat ini memiliki karyawan hampir 16.000 orang.

Produk unggulan Sikorsky saat ini adalah keluarga heli S-70 dengan varian militernya: UH-60 Black Hawk, SH-60 Sea Hawk, HH-60 Pave Hawk, dan HH-60 Jayhawk.

Selanjutnya keluaga helikopter medium ringan S-76, lalu keluarga heli medium berat S-92 yakni H-92 Superhawk  dan CH-148 Cyclone.

Kemudian produk terbaru CH-53K King Stallion, helikopter angkut super berat pengganti CH-53E Super Stallion (S-80).

Saat ini Sikorsky sedang terlibat kompetisi pengadaan helikopter super cepat untuk militer AS pengganti Black Hawk. Sikorsky merilis SB-1 Defiant bersama Boeing untuk melawan Bell V-280 Valor.

SB-1Sikorsky

Sikorsky juga menjadi finalis pengadaan helikopter kawal intai pengganti Bell OH-58D Kiowa Warrior dengan menawarkan heli super cepat S-97 Raider-X.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *