Pangkostrad kepada Taruna/Taruni Akmil: Jangan menyerah dan putus asa

Taruni AkmilPen Kostrad

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebanyak 577 Taruna/Taruni Akademi Militer (Akmil) Magelang mendapatkan ceramah pembekalan secara langsung dari Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman di Gedung Moch. Lilly Rochli Akmil pada 28 Juni 2021.

Pangkostrad mengatakan, sikap menyerah dan putus asa merupakan kegagalan yang sangat menyedihkan.

Hal itu, lanjut Pangkostrad, misalnya bisa diterapkan dalam suatu pertandingan.

“Dalam suatu pertandingan pasti ada yang kalah dan menang, tapi jangan menyerah dan jangan putus asa. Sikap Menyerah dan putus asa merupakan kegagalan yang sangat menyedihkan dalam setiap hidup,” ujar mantan Pangdam Jaya tersebut.

Selain memberikan motivasi kepada para Taruna/Taruni Akmi, Dudung juga menguraikan ceramah mengenai operasi militer yang dilaksanakan oleh Kostrad.

Dikatakan, untuk melaksanakan Operasi Militer, baik secara berdiri sendiri maupun bagian dari operasi gabungan dalam rangka mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, kelahiran Kostrad identik dengan mitos lahirnya Gatotkaca dalam cerita pewayangan.

Dudung menerangkan, pada awal lahirnya Kostrad sudah diberi kepercayaan melaksanakan tugas operasi dengan sukses di Irian Barat yaitu “Operasi Trikora”.

Hal itu merupakan suatu gemblengan pengalaman seperti gemblengan Gatotkaca yang digodok di Kawah Candradimuka.

Setelah masa penggemblengan berakhir, maka keluarlah ksatria yang gagah berani memiliki otot kawat tulang besi dan menjadi sosok yang disegani oleh lawan maupun kawan.

Pangkostrad Dudung Abdurahman di AkmilPen Kostrad

“Kostrad sebagai Komando Utama Operasi bertugas untuk menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan tingkat strategis sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. Sementara sebagai Komando Utama Pembinaan, Kostrad bertugas membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komandonya yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada KSAD,” ujarnya.

Kostrad dalam melaksanakan tugas pokoknya menyelenggarakan fungsi utama Operasi Militer Perang (OMP) berupa Operasi Gabungan, Operasi Matra Darat, dan Operasi Bantuan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) baik bersifat tempur dan non tempur.

Zaky V

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *