Bronco II masuki fase akhir kompetisi USSOCOM Armed Overwatch

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan Leidos Defense, Paramount USA, dan Vertex Aerospace mengumumkan pada 11 Juni lalu bahwa Timnya terpilih untuk memasuki fase akhir dari program prototipe pesawat “Armed Overwatch” dari Komando Operasi Khusus AS (USSOCOM).

Tim Leidos/Paramount USA/Vertex termasuk di antara lima perusahaan lainnya yang mendapatkan total 19,2 juta dolar AS untuk mengembangkan pesawat demonstrator Fase III Armed Overwatch akhir bulan ini.

Pesawat yang diajukan adalah Bronco II yang aslinya dibuat oleh perusahaan Paramount Group dari Afrika Selatan.

Bronco II dirancang untuk fleksibilitas misi tinggi yang mengadopsi Interchangeable Multi-Mission System Bay (IMSB) internal pesawat yang unik.

Sistem ini memungkinkan satu badan pesawat dengan mudah dan cepat dikonfigurasi ulang untuk melakukan beberapa peran seperti ISR, SCAR, FAC, dan CAS.

Sistem tersebut menggabungkan sensor kinerja tinggi, jaringan sistem komunikasi, senjata presisi, rangkaian perlindungan diri elektronik, dan sistem perencanaan misi.

Pesawat dalam proyek Armed Overwatch akan digunakan oleh pasukan khusus AS di ruang pertempuran asimetris dengan tingkat kesulitan tinggi atau dukungan tempur yang terbatas.

Bronco IIBronco Combat Systems

Pesawat bisa dioperasikan dari medan manapun dengan dukungan logistik minim. Juga memiliki biaya operasional dan perawatan yang mudah.

Saat ini Bronco Il tengah bersaing dengan pesawat MAG Aerospace MC-208 Guardian, Textron Aviation Defense AT-6E Wolverine, L-3 Communications Integrated Systems AT-802U Sky Warden, dan Sierra Nevada Corp. MC-145B Wily Coyote.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *