Tradisi Pengukuhan Ibu Asuh Taruna Tingkat I Akademi TNI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Ny. Shinta Andyawan Martono Putra dikukuhkan sebagai Ibu Asuh Taruna Tingkat I Akademi TNI melalui acara Tradisi Korps Taruna di Gedung Lilyrochli Akmil Magelang pada Selasa, 22 Juni 2021.

Pengukuhan Ibu Asuh Taruna Tingkat I Akademi TNI kepada Ny. Shinta Andyawan ini merupakan bagian dari rangkaian pengangkatan Marsekal Muda TNI Andyawan Martono Putra, S.I.P., M.Tr (Han) sebagai Komandan Jenderal Akademi TNI yang baru.

Tradisi pengukuhan ini juga merupakan simbolisasi atas penganugerahan kehormatan kepada Ny. Shinta Andyawan yang nantinya berperan selaku orang tua bagi Taruna Tingkat I Akademi TNI dalam mendampingi mereka selama menjalani Pendidikan Dasar Integratif di Menchandra Akademi  TNI.

Ibu Asuh Taruna Akademi TNI mempunyai tanggung jawab secara moril sebagai pengayom, pengasuh, dan pembimbing dalam mengantar keberhasilan Taruna Tingkat I Akademi TNI menjalani pendidikan di Menchandra hingga melepas mereka untuk melanjutkan pendidikan kematraan.

Seperti diketahui, selepas lulus dari Menchandra Akademi TNI, para Taruna Tingkat I Akademi TNI akan melanjutkan pendidikan kematraan di Akademi Angkatan, yaitu di Akademi Militer (Akmil) untuk Taruna Matra Darat, Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk Taruna Matra Laut, dan Akademi Aangkatan Udara (AAU) untuk Taruna Matra Udara.

Seperti Airspace Review kutip dari Penerangan Akadeni TNI, dalam rangkaian pengukuhan sebagai Ibu Asuh Taruna Tingkat I Akademi TNI, Ny. Shinta Andyawan mengatakan, para Taruna harus memiliki kebanggaan.

Sebab, mereka adalah para pemuda terbaik bangsa yang terpilih untuk dididik dan mengabdi sebagai prajurit TNI yang kelak di masa mendatang akan menjadi calon-calon pemimpin TNI.

Para Taruna harus selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Mahaesa, menghormati senioritas, dan membina hubungan yang baik sesama teman.

Pengukuhan Ibu Asuh Taruna tingkat I Akademi TNI_1Pen Akademi TNI

Selain itu, para Taruna juga agar senantiasa menempa diri selama menjalani pendidikan dengan belajar yang sungguh-sungguh agar dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan berhasil.

Dengan cara itu, diharapkan para Taruna nantinya akan menjadi Perwira TNI yang profesional guna berbakti kepada bangsa dan negara Indonesia.

Pengukuhan Ibu Asuh Taruna tingkat I Akademi TNI_3Pen Akademi TNI

Dalam upacara tradisi pengukuhan sebagai Ibu Asuh Taruna Tingkat I Akademi TNI ini, hadir Danjen Akademi TNI, Gubernur dan Wagub Akmil, para Direktur dan Pabantama serta Staf Menchandra Akademi TNI, para Direktur dan Kadep Akmil serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang Akmil dan Pengurus IKKT BS IV Akademi TNI.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *