Kepala Staf AU Perancis, Jerman, dan Spanyol tinjau fasilitas proyek FCAS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kepala Staf Angkatan Udara Perancis, Jerman, dan Spanyol bertemu untuk meninjau proyek Future Combat Air System (FCAS).

Mereka adalah Jenderal Philippe Lavigne, Letnan Jenderal Ingo Gerhartz, dan Jenderal Javier Salto Martinez-Avial.

Pertemuan ketiga pemimpin angkatan udara negara masing-masing tersebut dilaksanakan dalam kunjungan ke fasilitas yang akan digunakan untuk mendukung proyek FCAS, yaitu Indra, Airbus, dan Dassault Aviation pada 17-18 Juni 2021.

Ketiga pemimpin bersepakat memberikan lampu hijau untuk proyek ini dan akan saling memberikan dukungan yang diperlukan.

FCAS merupakan proyek bersama ketiga negara. Kementerian Angkatan Bersenjata Perancis mengatakan, proyek ini akan melampaui apa yang dibayangkan dalam kerja sama Eropa selama ini.

Sementara itu Jenderal Ingo Herhatz mengatakan, proyek FCAS telah melalui serangkaian proses yang cukup sulit untuk mencapai kesepakatan dengan industri yang terlibat.

Ditambahkan, FCAS merupakan sebuah langkah ke depan untuk mempertahankan kemerdekaan.

“Setelah negosiasi yang sulit, kami menemukan komitmen dengan industri yang terlibat. Proyek yang menuntut secara teknis dan berwawasan ke depan untuk angkatan udara kami ini tidak memiliki alternatif jika kami ingin mempertahankan kemerdekaan kami di Eropa,” jelasnya.

Sementara itu, pihak-pihak industri yang dikunjungi, menyampaikan penjelasan yang rinci mengenai proyek yang sedang dilaksanakan.

Mereka juga menyatakan terbuka untuk menerima informasi dari para pakar militer.

Kunjungan ke fasilitas industri untuk FCAS dimulai dari Madrid (Spanyol), kemudian ke Manching (Jerman), dan berakhir di Saint Cloud (Perancis).

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *