Table Top Exercise Akademi TNI, persiapan Praspa TNI dan Pelantikan Perwira Polri 2021

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Komandan Jenderal Akademi TNI  Marsekal Muda TNI Andyawan M.P memimpin rapat staf berupa kegiatan simulasi atau dikenal dengan istilah Table Top Exercise (TTX) terkait kesiapan pelaksanaan Praspa TNI dan Pelantikan Perwira Polri Tahun 2021.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Bhineka Eka Bhakti Mako Akademi TNI Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Jumat, 18 Juni 2021.

Table Top Exercise adalah salah satu teknik latihan dalam bentuk diskusi dalam ranka memberikan gambaran, pemahaman, dan penyempurnaan serta review terhadap perencanaan suatu kegiatan, dalam hal ini adalah terkait pelaksanaan Praspa TNI dan Pelantikan Perwira Polri Tahun 2021 pada 13 Juli 2021 di Istana Negara.

Praspa TNI dan Pelantikan Perwira Polri merupakan puncak  dari seluruh kegiatan pada pendidikan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian.

Upacara Praspa TNI-Polri adalah suatu prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah kepada para Calon Perwira TNI dan Polri oleh Presiden Republik Indonesia.

Seperti diberitakan oleh Penerangan Akademi TNI, dalam kegiatan TTX Praspa TNI dan Pelantikan Perwira Polri ini dipaparkan dan disimulasikan seluruh urutan kegiatan per hari dan per menit serta kebutuhan dukungan perlengkapan secara rinci dan teknis oleh masing-masing koordinator bidang kepanitian.

Koordinator bidang kegiatan mencakup bidang upacara, protokol, perlengkapan komunikasi, sistem jaringan internet, penerangan, kesehatan, kemarkasan dan logistik, serta  bidang pendukung lainnya.

Table Top Exercise Akademi TNIPen Akademi TNI

Paparan pada rapat TTX dinilai sangat penting guna didapat gambaran tentang fungsi manajemen yang telah dijalankan oleh seluruh Koordinator agar kesiapan pelaksanaan Praspa TNI dan Pelantikan Perwira Polri tahun 2021 nanti dapat terlaksana dengan sukses dan berhasil.

Seluruh Personel Akademi TNI Melaksanakan Tes Swab Antigen

Sementara itu, pada hari yang sama seluruh personel Akademi TNI mulai dari para Direktur, Pabantama, dan seuruh Staf Akademi TNI, baik militer ataupun ASN melaksanakan Test Swab Antigen.

Pelaksanaan tes swab Antigen oleh Tim Kesehatan Akademi TNI ini sebagai sikap antisipasi terhadap perkembangan  meningkatnya kasus penularan COVID-19 pada masyarat di beberapa daerah yang secara nasional terus meningkat akhir-akhir ini.

Tes Swab Antigen dilakukan kepada 192 personel dari jumlah seluruh kekuatan sebanyak 226 personel Akademi TNI di Lapangan Mako Akademi TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Sebanyak 36 personel yang pada hari ini belum melaksanakan tes swab antigen karena alasan dinas  akan melaksanakan tes pada hari kerja berikutnya.

Tes Swab Antigen di Mako Akademi TNIPen Akademi TNI

Dari 192 personel yang telah dites, terdeteksi 180 orang dinyatakan negatif, sedangkan 12 orang dinyatakan reaktif/positif.

Untuk penangan 12 orang yang kedapatan hasilnya reaktif/positif selanjutnya oleh Tim Kesehatan Akademi TNI akan dikoordinasikan kepada Satuan Kesehatan pada level komando atas guna penanganan selanjutnya.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *