Cope West 2021, F-16 TNI AU dan PACAF adu taktik tempur di udara

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Gelaran latihan bersama Cope West 2021 mulai memasuki babak seru. Para penerbang F-16 dari kedua angkatan udara yaitu TNI AU dan Pacific Air Force (PACAF, bagian dari USAF) mulai beradu taktik di udara.

Diawali dengan penerbangan familiarisasi di hari pertama, latihan dua tahunan ini dilanjutkan dengan misi air-to-air maneuver berupa Basic Fighter Maneuver (BFM) mulai Rabu (16/6/2021).

BFM atau manuver tempur dasar adalah gerakan-gerakan taktis di udara yang dilakukan oleh pilot pesawat tempur dengan pesawatnya untuk mendapatkan posisi yang menguntungkan terhadap posisi lawan.

BFM merupakan penguasaan taktik dasar untuk dapat melaksanakan pertempuran udara jarak dekat (air combat maneuvering/ACM atau biasa disebut dogfighting.

Dengan menguasai BFM pilot bisa melaksanakan penyerangan terhadap musuh, yaitu dengan cara mengambil posisi dari belakang musuh.

Selain itu, penguasaan BFM juga berguna untuk melaksanakan defensif yaitu untuk menghindari serangan rudal udara ke udara atau melarikan diri dan bahkan membalikkan posisi.

“BFM mutlak dikuasai oleh semua fighter, karena, teknik ini merupakan dasar bagi setiap penerbang tempur dalam melaksanakan pertempuran di udara atau dogfight,” ujar seorang fighter peserta latihan seperti dikutip dari Dispenau.

Cope West 2021TNI AU

Keunggulan ini memungkinkan penerbang melakukan penyerangan terhadap pesawat musuh atau membantu pesawat kawan yang sedang terancam, termasuk juga meminimalisir resiko tertembak oleh senjata udara musuh.

Dalam pelaksanaan latihan BFM ini dilaksanakan empat flight dengan callsign Ridder Flight, Phanter Flight, Rage Flight, dan Falcon Flight.

Cope West 2021TNI AU

Keseluruhan latihan dilaksanakan di aera latihan Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau.

Cope West 2021 dilaksanakan selama dua minggu sejak 14 Juni lalu. Tiga skadron F-16 terlibat dalam latihan ini, yaitu Skadron Udara 2 dan Skadron Udara 16 dari TNI AU dan Skadron Tempur ke-13 dari Misawa Air Base, Jepang di bawah naungan PACAF, bagian dari USAF.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *