Mirage F1M milik Draken yang disewa USAF jatuh di dekat Nellis AFB

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jet tempur Mirage F1M milik Draken International yang disewa oleh Angkatan Udara AS (USAF) sebagai lawan latih tempur udara, jatuh di Las Vegas Valley, dekat Pangkalan Angkatan Udara Nellis, Nevada pada 24 Mei 2021.

Foto dan video asap hitam mengepul ke udara beredar di media sosial sejak Senin sore.

Media lokal Fox 24 melaporkan, tempat jatuhnya pesawat berjarak tiga mil dari fasilitas militer. Pesawat tersebut jatuh pada pukul 14.30 waktu setempat.

Nellis AFB di akun twitternya mencuit, tim pertolongan pertama langsung dikirim ke tempat kejadian. Insiden itu masih diselidiki.

Pangkalan Udara milik USAF itu terletak delapan mil timur laut dari kota Las Vegas.

Sementara itu, Departemen Pemadam Kebakaran Clark menyebut pilot yang berada di dalam pesawat ditemukan meninggal dunia.

Meski demikian, ada juga yang memberitakan bahwa nasib pilot masih dikonfirmasi. Pihak Nellis AFB belum memberikan pernyataan mengenai hal itu.

Disinyalir, pesawat Mirage F1M yang jatuh merupakan pesawat Mirage bekas pakai Angkatan Udara Spanyol yang dibeli oleh Draken International.

Mirage F1M DrakenUSAF

Seperti diketahui, Draken International merupakan perusahaan sipil yang menyediakan layanan sebagai angkatan udara musuh untuk latihan tempur udara militer AS.

Draken International membeli 22 jet tempur kursi tunggal Mirage F1M dan varian kursi ganda F1B bekas pakai Angkatan Udara Spanyol dalam kondisi tidak terbang pada 2017.

Pesawat pertama F1M yang dihidupkan lagi oleh Draken, terbang perdana pada 12 November 2019.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *