F-15I Ra’am Skadron 69 “Palu”, pasukan pemukul Jalur Gaza dari udara

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Salah satu skadron tempur yang dikerahkan oleh Angkatan Udara Israel/Pasukan Pertahanan Israel (IAF/IDF) untuk melakukan serangan udara terhadap kelompok-kelompok militan Hamas, Palestina di Jalur Gaza dalam beberapa hari ini adalah Skadron 69 “Hammers” (Palu).

Hal ini terlihat dari rilis keterangan dan foto-foto yang dibagikan IAF melalui akun media sosialnya pada 14 Mei 2021.

IAF menulis: “Palu-palu” di malam hari. Laki-laki dan perempuan dari Skadron 69 “Hammers”, bagian dari sekian banyak personel IAF yang melaksanakan operasi nonstop untuk mempertahankan Negara Israel.

Dalam unggahan tersebut, juga ditampilkan sejumlah foto di mana para teknisi sedang menyiapkan jet tempur F-15I Ra’am (Guntur) dengan bom-bom yang akan dilepaskan dari udara.

Ada juga foto para penerbang F-15I dengan G-suit sudah dipakai. Mereka yang wajahnya diblur tampak sedang berbincang duduk di sebuah bangku.

Skadron 69 Hammers atau dalam bahasa Ibrani disebut Patishim, merupakan skadron tempur penyerang dengan armada F-15E yang di IAF menjadi F-15I.

Pesawat ini telah mendapatkan modifikasi dengan penambahan beragam avionik buatan Israel.

Menilik sejarahnya, skadron ini dibentuk pada 1948 dan langsung melakukan debut tempur pada 15 Juli di tahun ini saat melakukan serangan udara terhadap Kairo di Mesir.

Armada pertama yang digunakan dalam sepuluh tahun pertama operasinya adalah pembom B-17 Flying Fortress bekas Angkatan Udara AS (USAF).

Teknisi IAF persiapkan bomIAF

Tahun 1969, skadron ini direformasi dan kemudian menggunakan pesawat F-4E Phantom.

Tak langsung berhasil, skadron ini mengalami kehilangan sejumlah F-4E-nya dalam Perang Atrisi di tahun itu.

Lalu pada Perang Yom Kippur 1973, skadron ini juga kehilangan beberapa pesawat Phantom-nya.

Tahun 1990-an skadron ini dibubarkan dan kemudian diaktifkan lagi untuk menerima armada F-15I pada 1998.

Penerbang tempur IsraelIAF

Pada 2007, armada F-15I Skadron 69 dikerahkan untuk ambil bagian dalam Operasi Orchard, yaitu serangan udara terhadap sebuah situs nuklir yang dicurigai di Suriah.

Dan pada Mei 2021, armada Palu dikerahkan untuk menggempur kelompok-kelompok Hamas di Jalur Gaza.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *