Bukti negara dermawan, AS sumbangkan dua pesawat C-130H kepada Chili

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Amerika Serikat (AS) dikenal sebagai salah satu negara dermawan. Yang terbaru, Washington menyumbangkan dua pesawat angkut C-130H Hercules kepada Chili.

Satu dari dua pesawat angkut taktis tersebut telah diterima oleh Chili di Bandara el Bosque pada 22 April lalu.

Pesawat yang didonasikan untuk Angkatan Udara Chili (Fuerza Aérea de Chile/FACh) ini masih menggunakan corak dan tanda Garda Udara Nasional Montana.

Pesawat tersebut berasal dari Skadron Angkutan Udara ke-186, Wing Angkutan Udara ke-120 Montana ANG yang berbasis di Great Falls International Airport.

Rencananya, C-130H yang diterima Chili ini selanjutnya akan menggunakan registrasi baru 933. Nomor ini sebelumnya digunakan pada C-130B FACh yang sudah lama dipensiunkan.

Pemerintah AS memberikan bantuan 2 C-130H kepada Chili secara gratis melalui program EDA (Excess Defence Article) pada Mei 2019. Pesawat kedua akan dikirimkan menyusul dalam beberapa bulan mendatang.

FACh pertama kali mengoperasikan C-130H pada 1972. Kemudian pada 1991 FACh menerima empat C-130B bekas pakai USAF. Tiga dari pesawat ini telah dipensiunkan.

Tanto Eagle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *