Alutsista baru China: kapal selam nuklir, kapal perusak, kapal serbu amfibi

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) meresmikan penggunaan tiga alutsista baru.

Ketiganya adalah kapal selam rudal balistik strategis bertenaga nuklir Type 09IV bernama Changzheng 18 (nomor lambung 421), kapal perusak besar Type 055 bernama Dalian (nomor lambung 105), dan kapal serbu amfibi Type 075 bernama Hainan (nomor lambung 31).

Peresmian dipimpin oleh Presiden China Xi Jinping bersamaan dengan HUT ke-72 PLAN pada 23 April 2021 di Sanya, Provinsi Hainan, Tiongkok Selatan.

Seperti dikutip dari Global Times, Changzheng 18 merupakan versi peningkatan kapal selam nuklir Type 09IV. Kapal baru ini memiliki kebisingan lebih rendah dan akurasi serangan rudal yang lebih baik.

Kemudian Dalian, kapal dengan bobot 13.000 ton ini melebihi kapal perusak kelas Arleigh Burke dan kapal penjelajah kelas Ticonderoga milik Angkatan Laut AS.

Dalian berfungsi sebagai pengawal kapal induk maupun kapal utama di armada. Kapal ini dilengkapi senjata antiudara, antirudal, antikapal, antikapal selam, dan antiserangan darat.

Sementara Hainan, merupakan kapal pengangkut helikopter, kendaraan lapis baja amfibi, dan tank. Kapal ini dirancang untuk melaksanakan pendaratan horizontal maupun vertikal.

Poetra M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *