Terdepan, 6 A330 MRTT AU Singapura capai kemampuan operasi penuh

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Enam pesawat tanker A330 MRTT Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) telah mencapai kemampuan operasional penuh (FOC).

Hal tersebut dirayakan dalam upacara di Changi Air Base (East) pada 20 April 2021.

Program untuk mencapai status FOC dimulai pada 14 Agustus 2018 setelah RSAF menerima pesawat pertama A330 Multi-Role Tanker Transport dari Airbus.

Pesawat berbasis A330-200 itu dimodifikasi terlebih dahulu oleh Airbus Defense and Space di Getafe, Spanyol sebelum diserahkan kepada RSAF.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengatakan, FOC A330 MRTT merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan RSAF memenuhi kebutuhan operasional yang terus berkembang.

Di RSAF, enam A330 MRTT menggantikan empat pesawat tanker Boeing KC-135R Stratotanker yang dioperasikan oleh Skadron 112.

“MRTT menandai langkah lain dalam memperluas jangkauan rencana armada RSAF. Perjalanan pengisian bahan bakar di udara ini dimulai lebih dari 30 tahun yang lalu,” kata Ng seperti diberitakan Janes.

Ditambahkan, para insinyur Badan Sains dan Teknologi Pertahanan (DSTA) Singapura terlibat dalam pengembangan hingga pengiriman A330 MRTT ke Negeri Singa.

Dengan pencapaian kemampuan FOC, RSAF dapat dikatakan terdepan dibandingkan negara-negara di kawasan.

Poetra M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *