Learmousine, jet eksekutif tak bersayap mencari tuan baru

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pada 2018, seorang desainer bernama Dan Harris dari Oregon, Amerika Serikat mendapat ide cemerlang untuk mengubah sebuah jet eksekutif Learjet yang telah di-grounded menjadi sebuah kendaraan darat jenis limousin.

Dan Harris membutuhkan waktu sekitar 40 ribu jam kerja untuk mewujudkan mobil impiannya yang dinamai Learmousine tersebut dan menghabiskan dana setara Rp14,5 miliar.

Pengerjaan modifikasi mengubah pesawat menjadi mobil ini dipercayakan kepada karoseri Exotic Coach yang berbasis di Chicago.

Bodi pesawat dikawinkan dengan rangka baja khusus sebagai dudukannya dan sayap yang telah ditanggalkan. Untuk berjalan di darat Learmousine dibekali ban Kumho 325/25R28 dan velg 28 inci.

Sementara sebagai dapur pacu mengadopsi mesin Chevrolet Vortec V8 kapasitas 8.100 cc berdaya 400 tenaga kuda. Kecepatan maksimumnya mencapai 160 km/jam.

Learmousine berdimensi panjang 12,8 meter, lebar 2,4 meter, dan bobotnya mencapai 5.443 kg. Kabinnya yang panjang tersebut dapat menampung 18 penumpang sekaligus.

Ruang kabin Learmousine juga terbilang istimewa, tersedia fitur hiburan seperti Audio 17.000 watt yang dilengkapi TV plasma 42 inci, beberapa panel lampu penerang, dan sejumlah speaker.

Namun setelah kendaraan jadi, Harris malah berubah pikiran, ingin menjual jet eksekutif tak bersayapnya ini.

LearmousineIstimewa

Dikutip dari Carscoops, kendaraan akan dilelang untuk kedua kalinya melalui rumah lelang Mecum Auctions pada 14-22 Mei 2021 dengan harga 5 juta dolar AS (Rp72,6 miliar).

Sebelumnya pada Juni 2020 silam, Learmousine telah dilelang pertama kali juga melalui rumah lelang Mecum Auctions, namun gagal terjual. Penawaran tertinggi kala itu hanya mencapai Rp8,7 miliar.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *