AU Singapura kini operasikan heli H225M Caracal buatan Airbus

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) telah menerima pengiriman satu unit helikopter H225M Caracal dari Airbus Helicopters. Penerimaan heli dilaksanakan di Singapura pada 29 Maret 2021.

Kedatangan helikopter spek militer kelas medium ini sebagai hasil dari kontrak yang telah ditandatangani Kementerian Pertahanan Singapura dan Airbus Helicopters pada 2016 silam.

RSAF telah menjadi mitra jangka panjang Airbus sejak menggunakan Aerospatiale SA316B Alouette III pertamanya lebih dari 50 tahun yang lalu.

“Kami menghargai kepercayaan yang diberikan Singapura pada helikopter kami dan kami berharap H225M memainkan peran penting di RSAF untuk tahun-tahun mendatang,” kata CEO Airbus Helicopters Bruno Even

H225M milik RSAF akan menjalankan berbagai peran, termasuk pencarian dan penyelamatan, evakuasi aeromedis, bantuan kemanusiaan, dan operasi bantuan bencana.

Helikopter militer Caracal juga dapat digunakan untuk memindahkan pasukan ke berbagai tempat yang dibutuhkan.

Airbus mencatat, secara akumulatif H225M telah mengumpulkan lebih dari 143.000 jam terbang.

H225M digunakan antara lain oleh Brasil, Prancis, Indonesia, Malaysia, Meksiko, dan Thailand untuk mendukung misi-misi yang berat.

Rhandy F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *