Jet latih T-45 Goshawk US Navy jatuh, instruktur dan siswa selamat

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebuah jet latih McDonnell Douglas T-45 Goshawk milik Angkatan Laut AS (US Navy) jatuh pada 25 Maret 2021.

Saat itu pesawat sedang melaksanakan latihan. Pesawat jatuh di lokasi berjarak 3 mil laut sebelah timur laut dari Orange Grove Naval Auxiliary Landing Field (NOG/KNOG) di Texas.

Juru Bicara Naval Air Station (NAS) Corpus Christi mengatakan, pesawat jatuh di sebuah lahan pertanian pada pukul 14.00 waktu setempat.

Instruktur dan siswa dalam kecelakaan itu berhasil menyelamatkan diri setelah keluar dari pesawat menggunakan kursi lontar. Mereka kemudian dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

Pesawat T-45 yang jatuh tersebut berasal dari Wing Pelatihan Udara (TAW) “Golden Eagles” yang berbasis di NAS Kingsville, Texas.

Penyebab kecelakaan saat ini sedang diselidiki.

McDonnell Douglas (sekarang Boeing) T-45 Goshawk versi jet latih angkatan laut turunan dari pesawat Hawk buatan British Aerospace (sekarang BAe Systems).

Pesawat ini diproduksi bersama oleh McDonnell Douglas dan British Aerospace (sekarang BAE Systems).

T-45 digunakan oleh Angkatan Laut AS sebagai pesawat latih berkemampuan operasi di kapal induk.

Selama 30 tahun terakhir, pesawat T-45 Goshawk digunakan oleh US Navy untuk melatih para pilotnya.

Beberapa waktu lalu T-45 akan mendapatkan sistem pasokan oksigen baru sehubungan dengan gejala hipoksia yang dialami para pilot saat menerbangkan pesawat ini.

Tanto Eagle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *