Korea Selatan undang Panglima TNI saksikan peluncuran KF-X/IF-X

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Korea Selatan melalui Menteri Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) H.E. GANG Eun-Ho mengundang Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto untuk datang ke Korea Selatan guna menyaksikan peluncuran pesawat tempur KF-X/IF-X pada April mendatang.

Surat undangan diberikan langsung oleh GANG saat melakukan kunjungan kepada Panglima TNI di Subden Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada 16 Maret 2021.

Seperti disiarkan Puspen TNI, dalam kesempatan tersebut, kedua belah pihak membahas kerja sama industri pertahanan antara Indonesia dan Korea.

Turut mendampingi Panglima TNI dalam pertemuan tersebut adalah Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Heru Kusmanto, Aslog Panglima TNI Marsda TNI Dento Priyono, dan Kapuskersin TNI Laksma TNI R.Teguh Isgunanto.

Kf-XPuspen TNI

Korea Selatan dan Indonesia melakukan kerja sama pengembangan jet tempur generasi 4,5 KF-X/IF-X. Indonesia berpartisipasi dalam proyek ini dengan menanggung 20 persen biaya pengembangan sebesar 1,7 triliun won atau setara Rp21 triliun.

Total proyek pengembangan pesawat itu sendiri senilai 8,8 triliun won atau USD7,3 miliar setara dengan Rp109 triliun.

Korea Selatan akan mengakuisisi 120 unit KF-X untuk angkatan udaranya.

Tanto Eagle

One Reply to “Korea Selatan undang Panglima TNI saksikan peluncuran KF-X/IF-X”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *