Lebih banyak A-29B Super Tucano untuk AU Afghanistan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Keandalan pesawat serang darat A-29B Super Tucano diakui banyak penggunanya. Pesanan terhadap pesawat buatan Embraer, Brasil ini pun terus bertambah. Salah satunya adalah bantuan AS untuk Angkatan Udara Afganistan (AAF).

Belum lama dipergoki, dua pesawat turboprop yang produksinya dikerjasamakan dengan Sierra Nevada di Amerika Serikat ini tengah melaksanakan penerbangan di Rota, Spanyol.

Scramble memberitakan, pesawat dengan nomor registrasi 17-2029 (c/n 31400242) dan 17-2032 (c/n 31400245) tiba di Ship Route Maret ini.

Rota, Spanyol tampaknya memang menjadi rute penerbangan yang digunakan Super Tucano dari AS untuk menuju ke Afganistan.

Sebelumnya, pesawat-pesawat A-29B yang dikirimkan ke Afganistan juga melewati rute ini.

Pada September 2020, AS telah menambah donasi empat unit A-29 kepada AAF untuk mendukung Misi Dukungan Tegas (Resolute Support Misssion) pimpinan NATO.

Bagi AAF sendiri, A-29 merupakan pesawat serang darat dan dukungan udara dekat yang paling bertenaga dan terbang paling cepat.

Total AS telah mendonasikan 18 unit A-29 kepada AAF sejak 2016 dan berencana menambah enam unit lagi tahun ini.

Tampaknya dua A-29B yang terlihat di Rota adalah bagian dari pengiriman tahun ini.

Keunggulan Super Tucano

Super Tucano memiliki keunggulan dapat membawa beragam persenjataan termasuk munisi-munisi berpemandu. Biaya operasional pesawat ini murah dan sangat cocok digunakan untuk mendan-medan konflik intensitas rendah.

Sebelumnya pada Juli 2020, sebuah laporan yang disampaikan oleh Departemen Pertahanan AS (US DoD) kepada Kongres AS menyebutkan, peran pesawat serang ringan A-29 Super Tucano sangat efektif dalam perang di Afganistan.

Dengan penggunaan pesawat ini, pilot-pilot AAF mampu meningkatkan kemampuannya.

Pada 2014 AAF masih belum berkemampuan yang mumpuni, tetapi denan hadirnya armada A-29 Super Tucano AAF tumbuh menjadi satu kekuatan yang dapat dipertimbangkan.

Rhandy Foxbat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *