AL Rusia menantikan heli baru serbaguna pengganti Ka-27 Helix

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Komando Angkatan Laut Rusia tengah mencari pengganti keluarga helikopter martim Ka-27 Helix warisan dari AL Uni Soviet yang telah runtuh sejak Desember 1991.

Proyek heli yang disebut sebagai “Minoga” ini akan mengarah pada pembuatan helikopter serbaguna untuk peran pencarian dan penyelamatan (SAR), transportasi pasukan, dan misi anti kapal selam (ASW).

Kontrak pengembangan Minoga telah ditandatangani oleh Russian Helicopters (perusahaan induk Kamov dan Mil) dengan Kementerian Pertahanan Rusia pada 28 November 2014 silam.

Ditunjuk sebagai perancang utama helikopter universal berbasis dari atas kapal ini adalah biro desain Kamov yang memang telah berpengalaman membuat heli spek maritim. Kode sementara yang disematkan pada heli ini adalah Ka-65.

Mengutip TASS, Ka-65 akan memiliki dimensi serupa atau lebih besar dari Ka-27. Heli baru ini tetap mengadopsi rotor utama koaksial model tumpuk berputar lawan arah.

Sebagai penggeraknya adalah dua mesin turboshaft Klimov TV7-117 yang masing-masing berdaya 3.000 shp. Jenis mesin ini serupa yang digunakan pada heli Mi-38.

Biro Kamov saat ini tengah menyelesaikan pengembangan prototipe Ka-65 Minoga. Sementara mock-up skala penuh Ka-65 sendiri telah beredar di dunia maya. Disebutkan, Ka-65 baru akan tersedia pada 2025-2026 mendatang.

Mock-up heli Ka-65 MinogaIstimewa

Mock-up Ka-65 Minoga paling kanan.

Menurut sejarahnya, heli Ka-27 yang akan digantikan Ka-65 ini mulai diperkenalkan pada 1981 atau 40 tahun silam. Hampir 400 unit keluarga helikopter Ka-27 telah dibuat.

Penerbangan Angkatan Laut Rusia hari ini masih mengoperasikan 60 unit Ka-27 dan Ka-27M versi ASW. Kemudian 16 versi penyelamat Ka-27PS, 28 unit versi angkut tempur Ka-29, dan beberapa heli pengintai radar (AEW) Ka-31.

Rangga Baswara Sawiyya

One Reply to “AL Rusia menantikan heli baru serbaguna pengganti Ka-27 Helix”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *