Setujui kucurkan 9 miliar USD, Kabinet Israel: Ok, kita beli KC-46A

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kabinet Israel telah menyetujui rencana pembelian pesawat tanker Boeing KC-46A Pegasus dari Amerika Serikat. Anggaran untuk pembelian pesawat-pesawat berikut persenjataan dari Amerika Serikat pun siap dikucurkan sebesar 9 miliar dolar AS. Tanker KC-46A berada di urutan teratas.

Departemen Luar Negeri AS sendiri pada Maret tahun lalu telah menyetujui kemungkinan penjualan hingga delapan KC-46A ini kepada Israel dengan taksiran senilai 2,4 miliar dolar AS.

Ini pertama kalinya AS memberikan izin kepada Israel untuk membeli pesawat tanker.

Seperti Airspace Review kutip dari Breaking Defense, sumber Israel mengatakan pesawat tanker KC-46A merupakan kebutuhan paling mendesak bagi Angkatan Udara Israel (IAF) untuk menggantikan Boeing 707 yang dimodifikasi menjadi tanker oleh Israel Aircraft Industries (IAI) sejak 2001.

Israel telah meminta AS untuk untuk memberikan prioritas di lini produksi guna menjamin pengiriman sedini mungkin.

Meski demikian, menurut satu sumber, hal itu tidak mudah karena berkaitan dengan slot awal di jalur produksi untuk Angkatan Udara AS.

Israel telah mengalokasikan anggaran 9 miliar USD untuk membeli KC-46A, helikopter berat baru pengganti CH-53, V-22, F-35 dan F-15EX.

Selain KC-46A, pesawat hibrid V-22 Osprey menjadi prioritas kedua dalam daftar pembelian.

“IAF membutuhkan 22-24 helikopter berat, tetapi rencana untuk membeli V-22 akan berdampak pada jumlah ini,” kata sumber.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *