Regenerasi tim selam Satuan Ranjau Koarmada II

Penyelam Satran Koarmada IIKoarmada II

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan regenerasi, Saturan Ranjau (Satran) Koarmada II menggelar latihan selam bagi para prajurit unsur KRI Satuan Kapal Ranjau Koarmada II.

Latihan yang didukung oleh tim dari Dislambair Koarmada II dan Diskes Koarmada II ini dilaksanakan selama lima hari di Dislambair Koarmada II pada Kamis (4/2).

Latihan selam merupakan sarana untuk menyiapkan dan meregenerasi prajurit pengawak KRI yang memiliki fungsi asasi dalam peperangan ranjau, khususnya pada pentahapan identifikasi Kontak Bawah Air, baik menggunakan ROV maupun Penyelam Ranjau.

“Latihan selam ini bertujuan untuk memelihara, meningkatkan dan kaderisasi kemampuan prajurit Satran Koarmada II dalam rangka mendukung kesiapan operasional unsur KRI sebagai kapal Pemburu Ranjau dan Penyapu Ranjau,” kata Letkol Laut (P) Ferry Kurniawan.

Regerasi Penyelam Satran Koarmada IIKoarmada II

Materi latihan meliputi penyelaman dasar dengan prosedur penggunaan peralatan selam, praktik menyelam di diving tank, bongkar pasang alat selam di dalam air, dan prosesur komunikasi isyarat penyelaman, kesehatan penyelaman, serta prosedur penggunaan peralatan portabel berupa hand held sonar untuk melatih kepekaan penyelam terhadap kontak bawah air.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *