Akan makin canggih, Rusia tawarkan paket upgrade modern Su-30MKI kepada India

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia menawarkan paket peningkatan kemampuan (upgrade) modern untuk Su-30MKI yang dimiliki Angkatan Udara India (IAF) kepada pemerintah negeri itu.

Saat ini penawaran sedang dalam pembicaraan di sela pelaksanaan pameran kedirgantaraan Aero India pada 3-5 Februari di Yelahanka Air Force Station, Bengaluru.

Kepala Delegasi Penjualan Senjata Rusia Rosoboronexport (bagian dari Rostec) Sergei Kornev mengatakan, proyek modernisasi jet tempur multiperan Su-30MKI sedang dalam tahap diskusi.

“Proyek ini dalam tahap diskusi. Pihak Rusia siap menawarkan paket peningkatan modern kepada India,” ujarnya seperti disiarkan TASS.

Ia menyakini, perusahaan India akan tertarik dalam kerja sama ini mengingat kerja sama industri antara Moskow dan New Delhi telah berjalan sejak lama.

Proyek upgrade Su-30MKI akan menjadikan pesawat ini sebagai Super Sukhoi seperti disebut oleh media India.

Rusia mendukung kampanye “Make in India” di mana proses upgrade akan dilaksanakan di negeri itu.

“Kami percaya perusahaan India akan menyatakan keinginan untuk berpartisipasi dalam modernisasi pesawat tempur Su-30MKI yang dirakit oleh HAL (Hindustan Aeronautics Limited) Corporation,” tambahnya.

India merupakan operator pesawat tempur multiperan Su-30 terbesar di dunia dengan varian yang dipilih Su-30MKI.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *