Makin lengkap, heli Ansat dibekali wi-fi dan sistem komunikasi satelit Mku30

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Russian Helicopters (bagian dari Rostec State Corporation) telah melengkapi helikopter ringan multiguna Ansat dengan jaringan wi-fi dan sistem komunikasi satelit Mku30.

Penambahan perangkat tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Federal Air Transport Agency (Rosaviatsiya).

Dengan adanya peralatan itu, penumpang heli Ansat akan mendapatkan akses internet berkecepatan tinggi selama penerbangan.

Sistem komunikasi satelit Ku band yang dibuat oleh MOST Satellite Systems pada Ansat, menyediakan akses internet hingga 2 MB/detik di area jangkauan satelit Yamal.

Mku30 memungkinkan transmisi data dalam jumlah besar tanpa gangguan selama penerbangan, mengatur konferensi video on-board, dan streaming video berkualitas tinggi secara waktu nyata.

Transfer data ke perangkat seluler penumpang disediakan menggunakan titik akses wi-fi.

Pertama kali, helikopter Ansat yang dilengkapi dengan sistem komunikasi satelit Mku30 baru ditampilkan di International Paris Air Show ke-53 tahun 2019 lalu.

“Ansat adalah helikopter serba guna dengan desain yang memungkinkannya untuk diadaptasi untuk berbagai macam operasi: dari ambulans hingga konfigurasi VIP dengan layanan digital canggih. Ansat dilengkapi dengan akses Internet berkecepatan tinggi memungkinkan penumpangnya untuk tetap berhubungan bahkan selama penerbangan,” jelas Russian Helicopters melalui siaran persnya.

Layanan ini, lanjutnya, akan berguna antara lain bagi smart people, dokter, polisi, karyawan Kementerian Situasi Darurat, yang mengharuskan mereka untuk tetap online guna menerima informasi operasional.

Antena Ku band komunikasi satelitRussian Helicopters

Ditambahkan, sistem komunikasi satelit ini akan dipasang di helikopter Ansat atas permintaan pelanggan.

Perangkat ini paling relevan untuk digunakan pada helikopter Ansat varian VIP helikopter.

“Kemampuan untuk menggunakan internet selama penerbangan adalah langkah lain untuk meningkatkan tingkat kenyamanan helikopter Ansat,” kata Direktur Pelaksana Kazan Helicopters, Alexey Belykh.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *