Perhatian, KF-X akan keluar dari hanggar April tahun ini

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Korea Aerospace Industries (KAI) saat ini tengah menyelesaikan perakitan akhir jet tempur setengah siluman KF-X produksi dalam negeri.

Pesawat yang dirakit di fasilitas KAI di Sacheon, Provinsi Gyeongsang Selatan ini dijadwalkan akan dikeluarkan dari hanggar perakitannya (Roll-Out) pada April 2021.

Korea Selatan mengerjakan prototipe KF-X sejak 2015. Proyek dengan nilai 8,8 triliun won (7,3 miliar USD) ini, dimaksudkan untuk menghasilkan pesawat tempur pengganti armada F-4 Phantom dan F-5 Tiger II milik Angkatan Udara Korea (RoKAF).

Seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan Yonhap (31/1), proses perakitan akhir KF-X telah dilaksanakan sejak September 2020.

Rencana peluncuran pada April mendatang, artinya lebih cepat beberapa minggu dari yang dijadwalkan semula.

Badan Pengadaan Pertahanan mengincar tahun 2026 sebagai jadwal penyelesaian pengembangan uji darat dan uji terbang, yang artinya pesawat sudah mulai bisa diproduksi massal.

RoKAF akan mendapat 120 pesawat KF-X. Empat puluh unit rencananya akan dikirim ke RoKAF hingga tahun 2028. Sementara 80 unit lainnya hingga tahun 2032.

KF-X dirancang mampu terbang dengan kecepatan maksimum Mach 1,8 dengan jarak terbang mencapai 2.900 km.

Memiliki kemiripan dengan F-35

KAI mengatakan, pesawat ini memiliki kemiripan dengan F-35A buatan Lockheed Martin, AS.

Dengan muatan maksimum 7.700 kilogram, KF-X dilengkapi 10 pod untuk rudal dan tangki bahan bakar eksternal.

Pesawat akan dilengkapi dengan rudal udara ke udara seperti IRIS-T buatan Jerman dan rudal dari MBDA.

KF-X diranang sebagai jet tempur generasi 4,5. Akan tetapi, platformnya disiapkan dapat diubah menjadi jet tempur siluman generasi kelima.

Roni Sont

One Reply to “Perhatian, KF-X akan keluar dari hanggar April tahun ini”

  1. Sayang kelanjutan pihak Indonesia blm jelas. Padahal awal kemandirian bangsa untuk bisa merakit/membuat pesawat tempur sendiri bisa jd daya deteren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *