KRI Fatahillah dan KRI Badik latihan bersama di Laut Sulawesi

KRI Fatahillah dan KRI Badik Latihan Bersama di Laut SulawesiKoarmada II

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – KRI Fatahillah-365 (FTH) dan KRI Badik-623 (BDK) melaksanakan latihan bersama di Laut Sulawesi pada 15 Januari 2021. Saat itu kedua kapal dari unsur Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia ini sedang melaksanakan operasi di bawah kendali Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II.

Latihan bersama yang digelar oleh kedua unsur KRI tersebut merupakan tindak lanjut dari perintah Komandan Guspurla Koarmada II  Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo agar seluruh unsur KRI senantiasa menjaga kesiapsiagaan tempur kapal masing-masing.

Kesiapsiagaan tempur dicapai dengan melaksanakan latihan uji terampil semua prajuritnya selama melaksanakan tugas operasi di bawah kendali BKO Guspurla Koarmada II.

Komandan KRI FTH-361 Letkol laut (P) Ahmad Ahsan mengatakan, pada latihan bersama yang digelar kali ini, dilaksankan latihan flash exercise dan flaghoist exercise. Kegiatan ini merupakan latihan komunikasi dengan menggunakan isyarat lampu dan isyarat bendera.

Selain itu dilaksanakan juga Latihan Pertahanan Udara (Air Defence Exercise).

Latihan komunikasi isyarat ini digelar sebagai bentuk antisipasi jika terjadi Black Out (alat peralatan mati/tidak bisa dioperasikan) saat melaksanakan tugas operasi di tengah laut.

Air defense ExerciseKoarmada II

Disebutkan, latihan bersama untuk meningkatkan profesionalisme prajurit ini merupakan implementasi dari Program Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang Unggul.

Latihan bersama di medan operasi dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti yang telah ditekankan oleh Panglima Koarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan.

Hal itu guna mencegah penularan COVID-19 serta tetap menjaga kesehatan seluruh prajurit agar mampu melaksanakan tuntutan tugas dengan stamina prima.

Roni Sont

One Reply to “KRI Fatahillah dan KRI Badik latihan bersama di Laut Sulawesi”

  1. Suka ga tega aja liat operator kanon L70-40 mm Bofors ini ….hujan kehujanan, panas kepanasan ?

    Diupgrade pake eots napa ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *