Republik Kazakhstan kembali menerima pengiriman empat Su-30SM

Su-30SM KazakhstanIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Pertahanan Udara Kazakhstan (KADF) kembali menerima empat jet tempur Su-30SM dari Rusia pada 23 Desember 2020. Nursultan telah memesan 24 unit Su-30SM dalam tiga kontrak sejak 2015.

Pada Mei 2020, dikabarkan Nursultan menambah lagi pesanan Su-30SM menjadi total 36 unit.

Seperti Airspace Review kutip dari Kazinform, keempat pesawat yang diterima kali ini mengenakan nomor 19 hingga 22. Pesawat-pesawat tersebut selanjutnya ditempatkan di Pangkalan Udara Karaganda.

Menteri Pertahanan Republik Kazakhstan Letnan Jenderal Nurlan Yermekbayev dan Panglima Angkatan Pertahanan Udara Letnan Jenderal Penerbangan Nurlan Ormanbetov hadir dalam penerimaan keempat jet tempur.

Republik Kazakhstan menerima pengiriman kumpulan pertama pesawat Su-30SM dari pabrik Irkut pada 2015.

Para pilot dan teknisi KADF dari Pangkalan Udara Karaganda telah menerima pelatihan di Taldykorgan, Provinsi Almaty dan di pabrik Irkut.

Jet tempur Su-30SM untuk Kazakhstan dilengkapi dengan radar, sistem komunikasi radio, identifikasi lawan atau kawan, persenjataan, dan sistem pesawat lainnya.

Su-30SM_KazakhstanIstimewa

Penerimaan empat Su-30SM Kazakhstan di Karaganda AFB pada 23 Desember 2020.

Radar yang digunakan adalah N011M Bars dengan jangkauan deteksi mencapai 400 km.

Kazakhstan yang beribu kota di Nursultan (sebelumnya bernama Astana), merupakan negara pecahan Uni Soviet dengan wilayah negara terluas setelah Rusia.

Roni Sontani

2 Replies to “Republik Kazakhstan kembali menerima pengiriman empat Su-30SM”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *