Boeing tunda penerbangan perdana Loyal Wingman ke awal 2021

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Boeing telah mengumumkan untuk menunda penerbangan perdana Loyal Wingman ke awal tahun 2021. Semula, penerbangan perdana drone yang dikembangkan bersama dengan Australia ini akan dilaksanakan pada akhir Desember ini.

Meski demikian, uji taksi kecepatan tinggi Loyal Wingman untuk pertama kalinya sudah berhasil dilaksanakan di lokasi uji jarak jauh di Australia pada 20 Desember 2020.

Loyal Wingman menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu misi operasi pesawat berawak militer Australia.

Kepala Kemampuan Angkatan Udara RAAF, Marsekal Udara Cath Roberts, mengatakan, Loyal Wingman menghadirkan teknologi tinggi yang akan mengantarkan ke tahap berikutnya.

Boeing dan Angkatan Udara Australia bekerja sama mewujudkan pesawat tak berawak itu.

Paul Ryder, Manajer Uji Penerbangan Boeing menambahkan, program uji coba telah dilaksanakan dengan baik dan menghasilkan data uji lapangan yang telah dikumpulkan.

Pihaknya bekerja sama dengan Air Warfare Center untuk menyelesaikan verifikasi tes akhir guna mempersiapkan pengujian penerbangan di tahun baru.

Baca Juga: Boeing Bantu Kembangkan UCAV Loyal Wingman untuk Angkatan Udara Australia

Uji taksi pelan pertama Loyal Wingman dilaksanakan pada Oktober 2020. Setelah itu dilaksanakan uji menyalakan mesin turbofan pada September 2020.

Proyek Loyal Wingman melibatkan lebih dari 35 anggota industri Australia dalam pembuatan prototipe drone ini.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *