India canangkan proyek modifikasi 6 A320 menjadi pesawat AWACS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – India diberitakan tengah menyiapkan proyek besar untuk memodifikasi enam pesawat jet komersial A320 menjadi pesawat AWACS (airborne warning and control system) di dalam negeri.

Sumber pertahanan India seperti diberitakan Times of India mengatakan, enam A320 yang akan didapatkan dari Air India itu akan dimodifikasi menjadi pesawat AWACS dengan menambahkan sistem radar AESA (active electronically scanned array) di punggung pesawat.

Namun demikian, pelaksanakan proyek senilai Rs 10.500 crore ini terlebih dahulu harus mendapatkan persetujuan awal atau “penerimaan kebutuhan” dari Dewan Akuisisi Pertahanan yang diketuai Menteri Pertahanan India Rajnath Singh.

Pembiayaan untuk proyek ini akan melibatkan Angkatan Udara India (IAF) serta Badan Penelitian dan Pengembangan India (DRDO).

Mengganti proyek lama A330 AWACS dengan A320

Sebelumnya beberapa tahun lalu, India telah memiliki rencana untuk memodifikasi dua jet komersial badan lebar A330 menjadi pesawat AWACS.

Digunakannya pesawat A320 yang lebih kecil, disebut akan menekan biaya total modifikasi.

Pesawat AWACS dapat mendeteksi pesawat tempur musuh yang masuk ke wilayah udara pertahanan.

Pesawat ini juga dapat mendeteksi rudal jelajah maupun drone dengan jangkauan yang lebih luas dibanding radar berbasis darat.

Selain itu, pesawat AWACS atau biasa disebut AEW&C (airborne early warning and control) juga dapat digunakan untuk memandu pesawat tempur dalam sebuah pertempuran udara.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *