Indonesia incar kapal selam kelas Riachuelo dari Perancis

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dalam proses pembicaraan dengan konsorsium pembuat kapal selam kelas Riachuelo (Scorpene yang telah dimodifikasi) yang dipimpin oleh Naval Group dari Perancis.

Diskusi ini merupakan kelanjutan dari serangkaian pembicaraan terkait perencanaan pertahanan Indonesia dengan Naval Group sejak 2016.

Janes melaporkan, Kementerian Pertahanan RI saat itu pertama kali menunjukkan minatnya pada kapal Scorpene 1000 untuk memenuhi kebutuhan TNI Angkatan Laut.

Sumber yang diwawancarai Janes menyebutkan, selain dilaksanakan diskusi teknis, pembicaraan dengan Naval Group juga menyinggung opsi pembiayaan dan peluang perjanjian transfer teknologi antara perusahaan pertahanan Prancis dan Indonesia.

Berbobot 1.800 ton, empat unit telah dipesan untuk AL Brasil

Kapal selam kelas Riachuelo merupakan jenis kapal selam berbobot 1.800 ton. Empat di antaranya telah dipesan untuk Angkatan Laut Brasil pada 2009.

Kelas pertama kapal ini diluncurkan oleh Naval Group pada Desember 2018. Sementara kapal terakhir dijadwalkan memasuki perairan pada 2022. .

Rachuelo-class memiliki panjang keseluruhan 75 m, lebar keseluruhan 6,2 m, dan dapat menampung 31 awak. Kemampuan menyelam hingga kedalaman 350 m.

Kapal selam dilengkapi persenjataan berupa torpedo kelas berat F21 dan rudal MBDA Exocet SM39 Block 2 Mod 2 melalui tabung 533 mm.

Roni Sontani

One Reply to “Indonesia incar kapal selam kelas Riachuelo dari Perancis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *