Empat Su-30MK2 dan satu KC-130B laksanakan latihan AAR

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Empat pesawat Sukhoi Su-30MK2 dari Skadron Udara 11, Wing Udara 5, Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar melaksanakan latihan pengisian bahan bakar di udara (air-to-air refueling/AAR) pada Kamis, 3 Desember 2020.

Bertindak selaku tanker adalah satu unit pesawat KC-130B nomor ekor A-1309 dari Skadron Udara 32, Wing Udara 2, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Melalui unggahan foto dari akun twitter Pusat Penerangan TNI terlihat proses pengisian bahan bakar diabadikan oleh pilot di pesawat Sukhoi.

Su-30MK2 TS-3010 AARVia Puspen TNI

Salah satu pesawat Su-30MK2 yang melaksanakan latihan ini bernomor ekor TS-3010.

Latihan pengisian bahan bakar oleh pesawat tempur Sukhoi TNI Angkatan Udara bukanlah pertama kali dilaksanakan.

Bahkan, pesawat Sukhoi Skadron Udara 11 telah berhasil melaksanakan pengisian bahan bakar di udara pada malam hari.

Sukhoi AARVia Puspen TNI

Latihan AAR dilaksanakan untuk mengasah para penerbang tempur TNI AU mampu melaksanakan ini serta melatih kru di pesawat tanker untuk mendukung AAR menggunakan metode probe-and-drogue AAR.

Update berita:

Dari Skadron Udara 11 diberitakan, menjelang akhir tahun 2020 telah diselesaikan program Pendidikan Transisi VI pesawat Su-27/30.

Program transisi ini melaksanakan 77 sorti penerbangan dan berhasil diselesaikan dalam waktu enam bulan.

Pendidikan Transisi VI pesawat Su-27/30 diikuti oleh dua siswa, yaitu Lettu Pnb Avinash H.R. dan Lettu Pnb Andy Hafiz. Keduanya merupakan alumni AAU 2016.

Sebagai penutup exercise Transisi VI, dilaksanakan kegiatan Air-to-Air Refueling dengan pesawat Tanker KC-130 bernomor ekor A-1309 dari Skadron Udara 32. Kegiatan ini dilaksanakan di training area Lanud Sultan Hasanuddin Makassar dengan aman dan lancar.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *