Angkatan Kedirgantaraan Perancis terima King Air 350 ALSR kedua

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Kedirgantaraan Perancis telah menerima pesawat Beechcraft King Air 350 ALSR (Avion Léger de Surveillance et de Reconnaissance/Light Surveillance and Reconnaissance Aicraft) kedua pada 2 Desember 2020.

Pesawat dengan registrasi F-RACH ini merupakan realisasi dari pembelian dua King Air 350 ALSR oleh Direktorat Pengadaan Persenjataan (DGA) Perancis dari Sabena Technics dan Thales tahun 2016. Pesawat pertama telah diterima pada Agustus 2019.

Rencananya Perancis akan memesan lagi pesawat ketiga di mana pengiriman akan dilaksanakan pada 2023.

Seperti diberitakan oleh Air Recognition, King Air 350 ALSR merupakan hasil modifikasi dari King Air 350 dengan integrasi perangkat-perangkat intelijen yang canggih.

Pesawat bermesin turboprop ganda ini diproduksi oleh Beechcraft. Seri Model 200 dan Model 300 awalnya dipasarkan sebagai keluarga “Super King Air”, namun berikutnya hanya dipasarkan dengan nama King Air.

Beechcraft saat ini menawarkan model 250 dan 350i. Pesawat ini dirancang untuk kebutuhan pemerintahan, militer, maupun pelanggan komersial untuk operasi misi khusus seperti survei udara, ambulans udara, inspeksi penerbangan dan pengawasan, dan lainnya.

Hingga tahun 2030, pemerintah Perancis rencananya akan mengakuisisi sebanyak delapan unit King Air 350 ALSR.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *