Italia tambah pesanan 8 pesawat peringatan dini G550 dari Israel

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Italia menambah pesanan delapan unit pesawat peringatan dini G550 CAEW/JAMMS dari Israel. Pesawat hasil modifikasi Israel Aircraft Industries (IAI) ini akan menambah kekuatan dua unit G550 CAEW yang sudah dimiliki Angkatan Udara Italia (ItAF/AM).

Italia mendapat dua G550 CAEW pada 2012 sebagai imbal balik di mana Israel membeli 30 unit jet latih M346 buatan pabrik Leonardo Italia.

Media Italia memberitakan, pembelian ini telah dikonfirmasi oleh Menteri Pertahanan Italia Lorenzo Guerini pada sidang parlemen baru-baru ini.

8 G550 pesanan Italia terdiri dari 4 G550 CAEW dan 4 G550 JAMMS

Tambahan delapan G550 terdiri dari empat varian CAEW (Conformal Airborne Early Warning) dan empat varian JAMMS (Joint Airborne Multisensor Multimission System).

Diberitakan pula, Italia kemungkinan akan membuat pusat perawatan lokal untuk pesawat ini sekaligus berfungsi sebagai pusat perawatan pesawat Gulfstream lainnya.

G550 CAEW dilengkapi radar yang dipasang pada konformal di sisi kiri dan kanan pesawat untuk memberikan kesadaran situasional udara dan maritim dengan pengawasan 360 derajat di semua ketinggian.

Menggunakan radar AESA

Radar yang dipasang mencakup radar AESA (Active Electronically Scan Array) empat dimensi yang canggih.

Radar ini dapat mengidentifikasi dan melacak target udara dan permukaan.

Baca Juga: Leonardo Falco Xplorer, Drone Intai Terbesar Garapan Italia

G550 CAEW juga dilengkapi sistem Electronic Surveillance Measures (ESM) yang dapat mendeteksi pemancar pada berbagai frekuensi.

G550 CAEW/JAMMS dilengkapi sistem komunikasi buatan ELTA dan Leonardo yang kompatibel dengan sistem NATO.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *